Balai Tekkomdik mengadakan Gala Premier 2 Film Pendidikan yaitu Si Anak Singkong dan Cireng (Cinta Dicontreng)

Kamis, 24 Agustus 2023 - Balai Teknologi Komunikasi dan Pendidikan (Balai Tekkomdik) menggelar kegiatan Gala Premier Film Pendidikan dengan mengundang para pelajar SMA sebagai peserta. Selain itu juga dihadiri oleh pengamat film, aktor dan aktris kedua film, dan juga guru. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Grhatama Pustaka. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan hasil produksi film pendidikan Balai Tekkomdik yang berjudul Si Anak Singkong dan Cireng (Cinta Dicontreng).

Pada film ini, Si Anak Singkong menceritakan sosok Cendani seorang anak yatim yang bersekolah disalah satu SMA Negri di Daerah Istimewa Yogyakarta.Di rumah yang sangat sederhana Cendani tinggal bersama Ibunya yang sudah tua, untuk memenuhi segala kebutuhan mereka bergantung dari hasil berjualan makanan dari bahan dasar singkong. Pada suatu hari berawal dari tugas sekolah berkat support dari juragan singkong serta dibantu kedua sahatnya Dinda dan Doni, Cendani membuat olahan singkong lyang ebih inovatif dan kreatif agar dapat menembus pasar yang lebih luas sehingga bisa mewujudkan kemandirian kewirausahaan.

Kemudian di film Cireng (Cinta Dicontreng) menceritakan akan ada sebuah perlombaan yaitu Lomba Vlog yang menjadi perdebatan dalam pemilihan kandidat peserta lomba di dalam sekolah. Dimana kandidat awal mendadak mendundurkan diri dan diganti oleh peserta lain dengan cara menyuap supaya tidak jadi mengikuti lomba.

Acara ini dibuka langsung oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yaitu Dr. Didik Wardaya, S.Pd, M.Pd. Beliau dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Balai Tekkomdik atas keberhasilannya dalam memproduksi 2 judul film yang sangat inspiratif dan terlaksanannya kegiatan Gala Premier Pendidikan. Beliau berharap dengan kegiatan ini dapat membantu memberikan wawasan yang lebih dari film - film yang edukatif.

Selain itu, Bapak Rudy Prakanto, S.Pd, M.Eng juga memberikan sambutan, dalam sambutannya beliau berharap dengan dilaksanakan kegiatan pembuatan film Pendidikan ini, diharapkan dapat Mengedukasi para siswa dalam Kegiatan pembelajaran atau pun perilaku kehidupan di masyarakat, sebagai tuntunan juga tontonan, sekaligus hiburan yang mendidik.


Kegiatan Gala Premier ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan/potensi yang dimiliki siswa dalam seni peran, Memberikan hiburan yang mendidik bagi masyarakat, Mengedukasi khalayak dan menambah wawasan.

Acara ini menunjukkan komitmen Balai Tekkomdik dalam menjadikan film pendidikan sebagai alat yang tepat dalam memberikan nilai - nilai pendidikan untuk meningkatkan pembelajaran.