Talkshow Pembelajaran bersama Ibu Herlina Yulianti, S. Pd mengenai pembelajaran di sekolah SLB

Yogyakarta, Rabu, 9 Agustus 2023, Jogja Belajar Radio mengadakan sebuah talkshow yang mengangkat isu penting dalam dunia pendidikan, khususnya pada pembelajaran seni musik di Sekolah Luar Biasa (SLB). Acara tersebut dihadiri oleh Ibu Herlina Yulianti, S. Pd, seorang guru seni musik di SLB PGRI Minggir, yang memiliki pengalaman panjang dalam mendukung pengembangan bakat dan kemampuan anak-anak berkebutuhan khusus.

Talkshow yang dilangsungkan pada pukul 10 pagi ini menjadi ajang berbagi pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana pendidikan seni musik di SLB menjadi kunci bagi perkembangan kreativitas dan potensi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Dalam obrolan hangat dengan narasumber, disorot pentingnya pendekatan yang sensitif dan inklusif dalam proses pembelajaran.

Ibu Herlina Yulianti, S. Pd, adalah sosok yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam dunia pendidikan inklusif. Dengan penuh semangat, beliau berbagi pengalaman mengajar di SLB PGRI Minggir dan menjelaskan tentang metode-metode inovatif yang beliau terapkan untuk memfasilitasi belajar anak-anak dengan beragam tantangan dalam belajar seni musik. Ibu Herlina juga menyoroti pentingnya pendekatan individual dalam pembelajaran. Setiap anak memiliki potensi yang unik, dan dengan memberikan perhatian khusus pada kebutuhan dan kemampuan masing-masing individu, pembelajaran seni musik di SLB menjadi lebih efektif dan bermakna.

Pembelajaran seni musik di SLB bukan hanya tentang mengajarkan keterampilan musik, tetapi juga tentang membantu anak-anak untuk mengatasi hambatan-hambatan dan merasa diterima dalam lingkungan yang mendukung. Dengan melibatkan mereka dalam proses kreatif, seperti menciptakan lagu dan pertunjukan musik, para guru dapat membangun rasa percaya diri yang kuat pada anak-anak.

Talkshow ini mengingatkan kita akan pentingnya inklusi dan kesempatan yang adil dalam dunia pendidikan. Pendidikan seni musik di SLB bukan hanya sarana untuk mengembangkan bakat, tetapi juga alat yang kuat untuk membangun hubungan sosial dan kemandirian bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Kita patut mengapresiasi dedikasi dan semangat Ibu Herlina Yulianti serta para pendidik lainnya yang turut berjuang dalam menciptakan dunia pendidikan yang lebih inklusif dan beragam.

Bagi kalian yang belum sempat bergabung dalam talkshow kali ini, bisa simak di link berikut ini