Sosialisasi Program Dan Peningkatan Layanan

Mengawali tahun anggaran 2011 UPT Pengelola Pendidikan Dasar Kecamatan Pundong Bantul bekerjasama dengan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY menyelenggarakan kegiatan acara "Sosialisasi Program BTKP" pada tanggal 18 Januari 2011 bertempat di aula UPT Pengelola Pendidikan Dasar Kecamatan Pundong Bantul.

Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan BTKP yang bertujuan untuk mensosialisasikan program kegiatan dan hasil produksi media pembelajaran ke sekolah-sekolah.

Kegiatan Sosialisasi dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh UPT Pengelola Pendidikan Dasar Kecamatan Pundong Bantul, Bapak Drs. Sukri Antoro dan dihadiri pula dari BTKP Ibu Dra. Tugini Trihayati serta Drs. Ponidi selaku kepala seksi pengembangan dan produksi. Acara tersebut berlangsung sekitar empat jam dan dihadiri oleh lebih dari 20 kepala sekolah SD/MI dan 3 orang pengawas. Dalam sambutanya kepala UPT Pengelola Pendidikan Dasar Kecamatan Pundong Bantul meminta kerjasama yang lebih erat lagi antara sekolah dan BTKP terutama dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi untuk pendidikan.

Setelah disampaikan pidato pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Program BTKP yang disampaikan oleh Kepala BTKP Dra. Tugini Trihayati. Materi yang dipaparkan antara lain mengenai profil BTKP, Program-program BTKP tahun 2011, sosialisasi program ICT EQEP proyek pemanfaatan TIK untuk peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan di DIY dan diakhiri dengan demo hasil produksi BTKP antara lain:
WEB pembelajaran dengan alamat situs www.jogjabelajar.org, radio streaming dengan alamat http://202.169.226.20/, serta hasil produksi media off line diantaranya multimedia pembelajaran, video pembelajaran serta animasi pembelajaran .Usai pemaparan, dilanjutkan dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab.

Pada sesi diskusi, beberapa peserta menyampaikan keinginannya untuk memiliki media pembelajaran hasil produksi BTKP serta minta diadakan sosialisasi khusus tentang bagaimana cara pemanfaatan dari media pembelajaran tersebut. Menanggapi atusiasme dari para peserta yang sangat tinggi kepala BTKP berjanji akan lebih intensif lagi dalam mensosialisasikan program dan hasil produksi ke sekolah sekolah baik secara langsung ataupun lewat media masa. Diharapkan pula guru-guru juga lebih aktif dengan cara datang langsung ke BTKP yang beralamat di JL. Kenari No. 2 Yogyakarta, atau mengunjungi website BTKP dengan alamat www.btkp-diy.or.id

Sosialisai program sejenis telah dilakukan pula pada awal tahun 2011 tepatnya tanggal 4 Januari 2011 dalam pertemuan MKKS SMA/MA Kabupaten Bantul, yang diikuti kepala SMA dan MA. Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan PNF Drs. H Masharun Gozali, M.M bertempat di SMA N Jetis Bantul.(redaksi)