Riuhnya Pentas Band Ipad menutup Rangkaian Gebyar Anugerah Kihajar

Gebyar Anugerah Kihajar 2019 hari ketiga dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Atrium Sinta Sleman City Hall dan Gedung Olah Raga Amongrogo Yogyakarta. Pada hari terakhir ini, terdapat empat rangkaian lomba, diantaranya lomba ketangkasan pilot drone yang dilaksanakan di GOR Amongrogo Yogyakarta, lomba video edukasi siswa, fotografi, dan band ipad yang dilaksanakan di Atrium Sinta Sleman City Hall.

Lomba ketangkasan pilot drone merupakan salah satu rangkaian lomba Kihajar yang pertama kali diselenggarakan tahun ini. Lomba ini ditujukan untuk jenjang SD/SMP/SMA/SMK sederajat, dengan jumlah peserta 31 tim dengan masing-masing tim terdapat dua orang. Mereka berkompetisi untuk mendapat peringkat tiga terbaik. Juara pertama diraih oleh tim MRC Al Fath (Muhammad Naufal A. Dan Ahmad Farrel A.)  dari SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan perolehan waktu 31,29 detik. Juara kedua diraih oleh tim Sangaji Drone Pilot (Indra Kurniawandan Bagas Rangga R.) dari SMK N 2 Yogyakarta dengan perolehan waktu 32,60 detik. Sedangkan juara ketiga diraih oleh tim MRC Master (Hafiefmulsnzud T.G.H dan Adriano Desta C.) dari SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan perolehan waktu 32,90 detik.

Lomba video edukasi siswa, merupakan kategori lomba yang ditujukan untuk jenjang SMA/MA/SMK.  Lomba ini diikuti oleh 17 tim, dimana satu tim terdiri dari lima orang. Dari 17 tim tersebut sebelumnya diseleksi 10 tim untuk maju ke babak final. 10 karya tersebut akan ditayangkan dan diberi masukan serta saran dari dewan juri. Lomba video edukasi siswa ini memperebutkan tiga terbaik. Juara pertama diraih oleh tim STEMA dari SMA Negeri 1 Temon dengan judul karya “Growol” perolehan skor 2160. Juara kedua diraih oleh tim Wiluh Production dari SMK Negeri 3 Wonosari dengan judul karya “Cacing Jawa” perolehan skor 2150. Juara ketiga diraih oleh tim KOPVIE dari SMK Negeri 2 Sewon  dengan judul karya “Tren Tenk Tenk” perolehan skor 2140.

Lomba fotografi merupakan lomba yang diadakan untuk jenjang SMA/MA/SMK. Lomba ini diikuti oleh 128 orang. Sebelumnya dari 128 karya tersebut diseleksi lagi menjadi 50 karya. Kemudian 50 karya yang beruntung tersebut dilombakan lagi di Sleman City Hall. Mereka diberi waktu 3,5 jam untuk hunting foto. Masing-masing peserta memberikan dua karya foto saja untuk dipilih dan memperebutkan 3 terbaik. Juara pertama diraih oleh Ustman Anhar dari SMK Negeri 3 Kasihan dengan skor 290. Juara kedua diraih oleh Anggi Setiawan dari SMK Muhammadiyah 1 Playen dengan skor 280. Juara ketiga diraih oleh Dhevi Pramitha Intani dari SMK Negeri 3 Wonosari dengan skor 270.

Lomba band ipad merupakan lomba yang diperuntukkan untuk siswa SMA/MA/SMK. Lomba band ini tentunya tidak menggunakan alat musik konvensional, tetapi menggunakan alat musik dari yang ada di Ipad. Ada 11 tim yang berpartisipasi di dalamnya. Masing-masing tim terdiri dari 5 orang. Sebelumnya  mereka telah melakukan latihan di studio AVA Balai TekKomDik beberapa kali untuk menampilkan yang terbaik. Lomba ini juga diambil tiga peringkat terbaik. Lomba ini merupakan lomba terakhir dan puncak acara dari seluruh rangkaian kegiatan lomba.  Juara pertama diraih oleh Ilusi Band dari SMA Negeri 1 Wonosari. Juara kedua diraih oleh Kesbang 2 dari SMA Kesatuan Bangsa. Juara ketiga diraih oleh M.One dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.