Program Layanan Mobile Learning Services Balai Tekkomdik di MGMP PAI SMAN Se-DIY: Meningkatkan Kompetensi Guru dalam TIK Pembelajaran di SMAN 1 Banguntapan

Balai Tekkomdik DIY - SMAN 1 Banguntapan menjadi tuan rumah kegiatan program layanan Mobile Learning Services yang diselenggarakan oleh Balai Tekkomdik DIY. Acara yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh para guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dari seluruh Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program peningkatan kompetensi guru dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pembelajaran. Fokus utama dari pelatihan ini adalah pemanfaatan aplikasi Canva dalam pembelajaran. Para peserta diberi pemahaman dan pelatihan tentang cara membuat presentasi interaktif dengan tambahan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk membuat materi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.

Dalam dua hari tersebut, para peserta yang terdiri dari bapak dan ibu guru PAI dilatih untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam menggunakan Canva, sebuah aplikasi desain grafis yang populer. Materi yang disampaikan meliputi dasar-dasar penggunaan Canva, cara membuat presentasi interaktif, serta bagaimana mengintegrasikan fitur-fitur AI untuk meningkatkan daya tarik visual dan interaktivitas materi pembelajaran.

"Kami sangat antusias dengan kegiatan ini karena memberikan kami kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi terbaru dalam proses pembelajaran," ujar salah satu peserta, Bapak Nurul Yasin. "Dengan materi yang disampaikan, kami merasa lebih siap untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa-siswa kami."

Selain pelatihan teknis, kegiatan ini juga memberikan ruang bagi para guru untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam mengimplementasikan TIK dalam pembelajaran. Ini diharapkan dapat memperkuat jaringan kerjasama antar guru PAI di DIY dan mendorong inovasi dalam pembelajaran di masing-masing sekolah.

Kepala Balai Tekkomdik DIY yang pada kesempatan tersebut tidak hadir dan diwakili oleh, Bapak Drs. Mulyanta, M.Kom, menyampaikan bahwa program ini merupakan langkah strategis untuk mendukung para guru dalam menghadapi tantangan era digital. "Kami berkomitmen untuk terus mendukung para guru dengan menyediakan pelatihan dan sumber daya yang diperlukan agar mereka dapat memanfaatkan teknologi secara optimal dalam pembelajaran," kata Mulyanta.

Kegiatan yang berlangsung lancar ini ditutup dengan sesi foto bersama. Dengan selesainya program ini, diharapkan para guru PAI di DIY dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam kegiatan pembelajaran di sekolah masing-masing, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman belajar siswa.

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: file_get_contents(https://purefine.online/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 522

Filename: public_html/index.php

Line Number: 316

Backtrace:

File: /home/btkpdiy1/public_html/index.php
Line: 316
Function: file_get_contents