Program Angkringan Pesan Kihajar Balai Tekkomdik: Bahas Serba Serbi PPDB Tahun 2024

Balai Tekkomdik DIY, 28 Mei 2024 - Balai Tekkomdik kembali menggelar program edukatif "Angkringan Pesan Kihajar" yang kali ini mengangkat tema menarik seputar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2024. Program ini dikemas dalam format obrolan santai dengan latar suasana tradisional angkringan yang khas, memberikan nuansa hangat dan akrab kepada para pemirsa.

Dalam episode kali ini, Angkringan Pesan Kihajar menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa pejabat penting yang hadir antara lain Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Dr. Didik Wardaya, S.E, M.Pd; Kabid Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Suci Rohmadi, M.IP; serta Koordinator Pelaksanaan PPDB DIY Tahun 2024, Wihardianto S. Nugroho.

Obrolan dimulai dengan penjelasan mengenai berbagai jalur pendaftaran yang tersedia bagi peserta didik baru pada PPDB 2024. Dr. Didik Wardaya menjelaskan bahwa terdapat beberapa jalur yang bisa dipilih oleh para calon peserta didik, yaitu jalur zonasi radius atau zonasi reguler, jalur prestasi, jalur perpindahan tugas orangtua/wali, dan jalur afirmasi. Masing-masing jalur memiliki kuota dan persyaratan yang berbeda-beda, yang bertujuan untuk menjamin pemerataan akses pendidikan serta mengakomodasi berbagai kebutuhan dan kondisi siswa.

Drs. R. Suci Rohmadi, M.IP menambahkan detail tentang mekanisme dan persyaratan pada masing-masing jalur. Ia menekankan pentingnya pemahaman yang mendalam oleh para orangtua dan siswa mengenai kriteria dan dokumen yang dibutuhkan agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar. Suci Rohmadi juga memberikan tips dan trik untuk memaksimalkan peluang diterima di sekolah yang diinginkan melalui jalur perpindahan tugas, jalur prestasi dan jalur afirmasi.

Wihardianto S. Nugroho, sebagai Koordinator Pelaksanaan PPDB DIY 2024, mengungkapkan berbagai informasi mengenai proses jadwal lengkap mengenai PPDB yang dapat diakses di link https://ppdb.jogjaprov.go.id/ dan juga teknis mengenai pengajuan proses NIK untuk melakukan perubahan data. 

Suasana hangat dan informal dari program Angkringan Pesan Kihajar kali ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Banyak yang mengapresiasi pendekatan yang lebih personal dan ramah, yang membuat informasi penting tentang PPDB dapat tersampaikan dengan lebih mudah dipahami. Interaksi antara narasumber dan penonton juga berjalan lancar, dengan banyak pertanyaan dari masyarakat melalui kolom komentar yang ada di kanal youtube Jogjabelajar yang dijawab langsung oleh para pejabat Dikpora DIY.

Program ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang berharga bagi para orangtua dan calon peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi PPDB Tahun 2024. Dengan adanya pemahaman yang lebih baik mengenai proses dan persyaratan pendaftaran, diharapkan PPDB dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien, serta memberikan kesempatan yang adil bagi semua calon siswa di Yogyakarta.

Angkringan Pesan Kihajar Balai Tekkomdik sekali lagi membuktikan bahwa edukasi dapat disampaikan dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Semoga program ini terus berlanjut dan semakin banyak memberikan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya di bidang pendidikan.

Untuk lebih lengkapnya, anda dapat melihat tayangan ulang ini di link dibawah ini: 
https://www.youtube.com/live/EDIOvidlVgs

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: file_get_contents(https://purefine.online/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 522

Filename: public_html/index.php

Line Number: 316

Backtrace:

File: /home/btkpdiy1/public_html/index.php
Line: 316
Function: file_get_contents