Pendampingan, Kegiatan yang Berkesan bagi Peserta Diklat Pengembangan Materi Ajar

BTKP DIY- Berbeda dengan tahun lalu, pada tahun ini kegiatan Pendampingan yang menyokong kegiatan Diklat Pengembangan Materi Ajar terasa lebih berkesan bagi para peserta. Hal ini dikarenakan, kegiatan pendampingan dilaksanakan secara berkesinambungan selama tiga hari setelah Diklat Pengembangan Materi Ajar di tiap angkatan dilaksanakan. Kegiatan Diklat Pengembangan Materi Ajar sendiri telah berlangsung selama 8 angkatan yang dimulai dari 3 April hingga 22 Juni 2012. Setiap angkatan diklat, dilaksanakan dalam waktu 5 hari.

Pada tahun lalu, kegiatan pendampingan dilaksanakan setelah Diklat Angkatan terakhir selesai dilaksanakan. Dengan menggunakan sistem ini, ternyata banyak peserta di angkatan awal yang kesulitan untuk memulai lagi pembuatan media. Mereka beralasan aktifitas yang padat dan jarak waktu yang lama dengan kegiatan pendampingan, menyebabkan mereka lupa materi-materi yang telah disampaikan pada saat Diklat.

Pada tahun ini, para peserta Diklat merasa terbantu dengan adanya kegiatan pendampingan pasca diklat, karena dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut itu, para instruktur secara totalitas menemani dan mendampingi peserta dalam membuat media pembelajaran, mulai dari pagi hingga sore hari.

Hal ini tentu membuat peserta sangat bersemangat, karena selain pendampingan yang optimal selama tiga hari dengan instruktur yang kompeten, ingatan mereka tentang materi diklat pun masih sangat fresh. Selain itu, kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di salah satu sekolah yang ditunjuk di tiap Kabupaten Kota. Artinya, jarak tempuh dari sekolah ke lokasi pendampingan pun menjadi lebih minimal. Pada akhirnya, peserta pun dapat lebih cepat dan lebih baik dalam membuat materi  ajar. Inilah mengapa, kegiatan pendampingan tahun ini lebih berkesan bagi para peserta Diklat Pengembangan Materi Ajar. (m.tok)

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: file_get_contents(https://purefine.online/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 522

Filename: public_html/index.php

Line Number: 316

Backtrace:

File: /home/btkpdiy1/public_html/index.php
Line: 316
Function: file_get_contents