Pendampingan Diklat Lectora di SMP N 1 Pajangan Yogyakarta

Balai Tekkomdik DIY - Diklat Pengembangan Materi Ajar dengan Software Authoring Tool Lectora dilaksanakan di Ruang Kelas III A SMP N 1 Pajangan Bantul. Diklat ini dilaksanakan selama empat hari, yakni pada hari Senin, Jum’at, Sabtu, dan Minggu, 1, 5, 6, dan 7 Juli 2013, pukul 08.00 hingga 15.30.

Materi Diklat terdiri dari Perancangan Media Ajar berbasis Lectora, Instalasi Lectora, Fitur I (Pengenalan) Lectora, Fitur II (Materi Uji) Lectora yang membahas 6 tipe soal yaitu benar salah, pilihan ganda, isian singkat, menjodohkan, tarik dan tempatkan, serta penentuan lokasi. Selanjutnya diteruskan dengan materi Publikasi Materi Ajar. Selain itu, disampaikan pula materi mengenai pemanfaatan software Snagit dan Camtasia. Seluruh materi merupakan materi yang telah disampaikan dalam Diklat Pengembangan Materi Ajar di Balai Tekkomdik DIY.

Narasumber utama dalam Diklat ini adalah Antonius Suwaryadi yang telah mengikuti Diklat Pengembangan Materi Ajar dengan Software Authoring Tool Lectora di Balai Tekkomdik DIY. Penyampaian materi yang dilakukan oleh Antonius Suwaryadi, turut didampingi oleh tim Helpdesk Program ICT EQEP Balai Tekkomdik DIY, yakni Muhammad Totok Prabowo.

Diklat diikuti oleh 30 orang Guru SMPN 1 Pajangan Bantul, baik Guru PNS maupun Non PNS. Kegiatan di hari pertama peserta diberikan materi tentang konsep media pembelajaran dan alur pengembangannya, setelah selesai dilanjutkan dengan instalasi Lectora versi Demo. Setelah dilaksanakan instalasi Lectora, dilanjutkan dengan pemberian materi lectora fitur 1 sampai hari pertama selesai yang diakhiri pada pukul 15.30 WIB.

Dihari yang ke dua peserta masih diberikan materi tentang fitur 1. Hal ini dikarenakan, lebih dari 95% peserta adalah Guru yang berusia di atas 50 tahun, beberapa bahkan sebentar lagi akan mencapai masa purna tugas. Sehingga penyampaian dilaksanakan dengan sangat pelan tapi pasti, dengan metode pembelajaran orang dewasa, yakni Andragogi. Namun demikian antusiasme tinggi diperlihatkan oleh para peserta. Terbukti, dengan adanya diklat ini, telah ada 3 (tiga) guru yang saat itu juga membeli laptop baru.

Hari ketiga, materi memasuki Fitur II (materi uji). Dalam tahap ini, disampaikan materi mengenai pembuatan soal di Bab Latihan soal dan Evaluasi. Di Bab Latihan Soal dicontohkan 1 jenis tipe soal, yakni True False (Benar/Salah). Sedangkan di Bab Evaluasi dicontohkan 5 tipe soal, yakni Multiple Choice (Pilihan Ganda), Fill in the Blank (Isian singkat), Matching (menjodohkan), Drag and Drop (Tarik dan Tempatkan), serta Hotspot  (penentuan lokasi).

Di Hari keempat, disampaikan materi tentang Publikasi Media Pembelajaran Interaktif. Selanjutnya narasumber menyampaikan materi pemanfaatan software Snagit dan Camtasia untuk mendukung pembuatan Media Pembelajaran Interaktif.

Setelah kegiatan diklat berlangsung peserta diminta untuk membuat media pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi yang ada di kurikulum.