-
Telp Kantor
0274 517327 -
Surat Elektronik
[email protected] -
Alamat Kantor
Jl. Kenari No.2, Semaki
Telp Kantor
0274 517327Surat Elektronik
[email protected]Alamat Kantor
Jl. Kenari No.2, Semaki
Yogyakarta, Bantul — Dalam rangka meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung proses belajar mengajar, Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkomdik) Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (DIKPORA) DIY menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva di SLB Marsudi Putra 2 pada tanggal 7 dan 8 Oktober 2025. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan tenaga kependidikan dari beberapa SLB di Bantul, ini bertujuan untuk membekali guru agar mampu membuat media pembelajaran yang kreatif, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik siswa berkebutuhan khusus.
Pada hari pertama, peserta diperkenalkan dengan platform canva sebagai alat desain grafis yang mudah digunakan untuk membuat berbagai kebutuhan pembelajaran. Materi meliputi pengenalan fitur canva, pemilihan template, pengaturan elemen visual, serta pembuatan presentasi interaktif yang dapat memperkaya proses pembelajaran di kelas. Para peserta juga diajak untuk mencoba langsung mendesain materi ajar sesuai dengan bidang pelajaran masing-masing.
Pelatihan dilanjutkan pada hari kedua dengan sesi praktik lanjutan. Peserta belajar menautkan platform Kahoot ke dalam presentasi yang telah dibuat di canva. Integrasi ini memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan baru bagi siswa, karena guru dapat mengubah presentasi menjadi media kuis dan permainan edukatif secara langsung. Di akhir sesi, peserta juga dikenalkan dengan Canva AI, fitur baru yang bisa membantu membuat game pembelajaran digital secara otomatis dan kreatif.
Pelatihan ini diharapkan tidak hanya berhenti di kelas, tetapi dapat mendorong para guru untuk secara konsisten mengintegrasikan alat-alat digital seperti Canva dan Kahoot! dalam kegiatan belajar mengajar mereka sehari-hari. Dengan bekal ini, media pembelajaran yang disajikan akan menjadi lebih dinamis, relevan, dan efektif dalam memfasilitasi capaian belajar setiap peserta didik.