Pelatihan Media Pembelajaran untuk Mahasiswa PGSD UAD: Mempersiapkan Guru Masa Depan

BALAI TEKKOMDIK DIY, 20 Mei 2024 - Sebanyak 190 mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengikuti pelatihan media pembelajaran dengan nama aplikasi "SMART APP CREATOR" yang berlangsung selama dua minggu. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa dengan keterampilan menciptakan media pembelajaran inovatif, sebagai persiapan untuk menjadi guru yang handal di masa depan.

Kegiatan pelatihan ini diadakan di Balai Tekkomdik DIY dan dibuka langsung oleh Yunti Triasih, M.Pd Kasubag TU Balai Tekkomdik DIY. Dalam sambutannya, Ibu Yunti Triasih, M.Pd menyatakan harapannya agar para mahasiswa dapat memanfaatkan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi teknologi dalam pembelajaran, yang sangat penting di era digital saat ini.

Para peserta dibagi menjadi 12 kelompok dari 6 kelas yang berbeda, memungkinkan kolaborasi dan interaksi antar mahasiswa dalam menciptakan aplikasi pembelajaran yang kreatif dan efektif.

Pelatihan kerjasama ini bukanlah yang pertama kalinya diadakan. Setiap tahun, Program Studi PGSD UAD rutin mengadakan kegiatan serupa dengan materi yang berbeda untuk memastikan bahwa para mahasiswa selalu mendapatkan pembaruan ilmu dan keterampilan terbaru dalam teknologi pendidikan. Hal ini sejalan dengan komitmen UAD untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya menguasai materi akademik, tetapi juga terampil dalam penggunaan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran.

Selama pelatihan, para peserta mendapatkan berbagai materi mulai dari dasar-dasar instalasi aplikasi hingga teknik lanjutan dalam mengembangkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Instruktur pelatihan yang berpengalaman memberikan panduan dan praktik langsung, sehingga mahasiswa dapat langsung menerapkan teori yang dipelajari dalam pembuatan aplikasi.

Dengan berakhirnya pelatihan ini, diharapkan mahasiswa PGSD UAD mampu menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan efektif, serta siap menghadapi tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks. Keterampilan yang mereka peroleh tidak hanya berguna selama masa perkuliahan, tetapi juga menjadi bekal berharga dalam karier mereka sebagai guru di masa depan.

Pelatihan ini menjadi bukti nyata dari komitmen UAD dalam mendukung pengembangan kompetensi mahasiswanya, sekaligus kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: file_get_contents(https://purefine.online/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 522

Filename: public_html/index.php

Line Number: 316

Backtrace:

File: /home/btkpdiy1/public_html/index.php
Line: 316
Function: file_get_contents