Menggunakan Smartphone, Guru SLB Sekar Teratai menghasilkan sebuah video pembelajaran yang menarik

Balai TekKomDik DIY – Kamis (16/2/2023), Mobile Learning Service Balai TekKomDik DIY yang ke-5 kali ini mengunjungi SLB Sekar Teratai, Bantul. Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari guru SLB Sekar Teratai dan SLB Marsudi Putra III Pandak. Tim Mobile Learning Services kali memberikan pelatihan pemanfaatan perangkat smartphone untuk membuat video pembelajaran yang menarik dan juga mudah dalam pembuatannya. Aplikasi yang digunakan adalah Aplikasi Kinemaster. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis mobile yang dapat membantu dalam pengeditan video yang mudah dan didukung fitur yang lengkap.

Terlihat bapak ibu guru sangat tertarik dan antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan ini. Selain pelatihan TIK, tim Balai Tekkomdik lainnya juga memmberikan pengalaman baru kepada siswa anak berkebutuhan khusus ketunaan autis dalam mencoba aplikasi VR buatan Balai Tekkomdik. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu siswa autis untuk melatih tingkat kefokusan

Kegiatan Mobile Learning Service ini disambut langsung oleh Ibu Kepala Sekolah SLB Sekar Teratai, Ibu. Nurlita Ayu Permatasari, S.Pd. Dalam Sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Balai Tekkomdik DIY telah memberikan kesempatan mengikuti kegiatan Mobile Learning Services selama 2 hari secara luring dan 2 hari daring dengan Materi Editing Video menggunakan Smartphone. Semoga dengan berlangsungnya kegiatan ini, menambah keilmuan dan wawasan Bapak Ibu Guru dalam TIK sehingga dengan ilmu baru ini kedepannya Bapak Ibu Guru dapat mengembangkan dan mengimplementasikan pada kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Selain itu Kegiatan ini juga dihadiri oleh Koord. PTP Bapak Drs. Mulyanta, M.Kom. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ketertarikannya kepada SLB Sekar Teratai 1, Beliau menyampaikan bahwa SLB Sekar Teratai 1 tertata dengan rapi, bersih, ditambah dengan bangunan sekolah yang baru. Dalam kesempatan kali ini beliau juga selalu memotivasi Bapak/Ibu Guru untuk menambah semangat dalam mengikuti kegiatan MLS. Bp. Mulyanto mengajak seluruh Bapak Ibu Guru untuk selalu berkolaborasi dengan Balai Tekkomdik, sehingga dengan adanya kolaborasi ini berbagai macam ilmu yang diberikan untuk Bapak Ibu Guru bisa tersampaikan dengan baik. Selain itu Beliau juga menekankan pentingnya kemampuan komunikasi yang harus disadari Bapak Ibu Guru semuanya. Bp. Mulyanta menambahkan untuk selalu bersyukur karena dengan adanya Bapak Ibu Guru ini sangat membantu anak-anak istimewa diluar sana, pengabdian Bapak Ibu Guru sangat mulia.

Banyak media dan aplikasi yang Balai Tekkomdik kembangkan untuk membantu Bapak Ibu Guru di jenjang SLB. Sehingga dengan kolaborasi antara Guru dan Balai Tekkomdik tentu dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan DIY  

Kegiatan ini berlangsung lancar hal ini dilihat dari para peserta yang dengan mudah mengikuti setiap intruksi dari Tim Narasumber Balai TekKomDik DIY. Semoga Bapak, Ibu Guru =yang telah mengikuti Kegiatan ini dapat menerapkan ilmu yang didapat dan dapat menularkan ilmu tersebut kepada teman yang lain.