Lomba TIK, Langkah Awal Penerapan Ilmu Pengetahuan dengan Teknologi

BTKP DIY -  Lomba Pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai rangkaian acara Gebyar E-Pendidikan 2011 terbagi dalam tiga kelompok yaitu SD/MI/SD SLB, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA  yang diselenggarakan BTKP Provinsi DIY, Jumat (29/07) yang lalu. Lomba dilaksanakan di Lab. Komputer BTKP Provinsi DIY.  Bagi peserta tingkat SD/MI/SD SLB, diuji pengetahuan dan ketrampilannnya dalam penggunaan Aplikasi Komputer Microsoft Office Word, untuk tingkat SMP/MTs  peserta diuji dengan materi Microsoft Office Excel sedangkan tingkat SMA/SMK/MA diuji kemampuan dalam pembuatan poster.

Disampaikan Kepala BTKP DIY Dra. Tugini Trihayati pada pengumuman pemenang lomba ini  bahwa ilmu pengetahuan dan ketrampilan ini bukan hanya untuk dalam rangka lomba saja. Namun, hal ini  merupakan awal dalam menerapkan ilmu pengetahuan sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada. Lebih lanjut disampaikan bahwa peserta lomba pada Gebyar E-Pendidikan belum merata terlihat dari jumlah pendaftar yang tidak sebanding dengan jumlah sekolah yang ada di ProvinsI DIY. Ke depan, diharapkan lebih banyak lagi sekolah yang ikut terlibat dalam acara Gebyar E-Pendidikan.

Berikut adalah Juri untuk masing-masing jenjang pendidikan Tingkat SD/MI/SD SLB Heri Istiyanto, Sugeng Andono dan Parjanto, untuk Tingkat SMP/MTs Wihardianto S.N, S.Kom, Ari Budiyanto dan Yudi Jauhari sedangkan Tingkat SMA/SMK/MA: Sigit Suryono, M.Pd, Edi Thomas, dan Dra. Titi Utami. Berdasarkan hasil penilaian juri berikut adalah daftar Pemenang Lomba Pengetahuan TIK  untuk jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK :

A. Jenjang SD/MI

No

Nama

Asal Sekolah

Juara

Nilai

1.

 M. Zuhdi Fikri

 SD Muh. Nitikan Filial Sapen YK

I

571

2.

 Fara Ayu Kavila

 SD N Ungaran 1

II

558

3.

 Faiq Fadilah

 SD Muh. Sapen

III

556

4.

 Latif Brilliant

 SD N Giwangan Yk

Harapan 1

554

5.

 Lukman Faqihuddin

 SD Muh Bodon

Harapan 2

538

6.

 Muh. Aziz Pahlewi

 SD N Godean 1

Harapan 3

532

B. Jenjang SMP/MTs

No

Nama

Asal Sekolah

Juara

Nilai

1.

 Abdul Rohman W.

 SMP N 2 Ngaglik Sleman

I

300

2.

 Khrisna Prabawa M.S.

 SMP N 1 Wonosari

II

280

3.

 Raisadinda Pramesti

 SMP N 1 Bantul

III

250

4.

 Aswin Aziz

 SMP N 15 Yk

Harapan 1

250

5.

 Dwi Nur Rohman

 SMP 2 Pajangan

Harapan 2

230

6.

 Nisrina Nur Khasna

 SMP N 1 Godean

Harapan 3

210

C. Jenjang SMK, SMA/MA

No

Nama

Asal Sekolah

Juara

Nilai

1.

 Ahmed Reza R.

 SMA N 1 Yogyakarta

I

290

2.

 Muhammad Yafi

 SMA N 1 Yogyakarta

II

260

3.

 Neni Dewi Prasetyana

 SMK N 2 Wonosari

III

235

4.

 Miftah Adiyana L.

 SMA N 1 Yogyakarta

Harapan 1

215

5.

 Arina Fatchurrochmah

 SMA N 1 Yogyakarta

Harapan 2

200

6.

 Ita Nur Fitriani

 SMA N 1 Playen

Harapan 3

145

Hadiah Lomba Pengetahuan TIK berupa piagam dan uang pembinaan. Penyerahan hadiah bagi pemenang Lomba Pengetahuan TIK menunggu undangan dari BTKP DIY.

Semoga kemenangan ini menjadi pemicu untuk terus mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. (dik)