Kunjungan Studi Tiru Dinas Provinsi Kalimantan Tengah ke Balai Tekkomdik DIY

Kamis, 4 Juli 2024 – Dalam rangka pengembangan guru dan tenaga kependidikan (GTK), Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah melakukan kunjungan studi tiru ke Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Tekkomdik) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kunjungan ini berlangsung pada tanggal 4 Juli 2024 dan dihadiri oleh 11 pegawai dari Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah.

Kepala Balai Tekkomdik DIY, Rudy Prakanto, S.Pd, M.Eng menyambut hangat rombongan dari Kalimantan Tengah. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bentuk kerjasama antar daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. "Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi pengembangan GTK di Kalimantan Tengah," ujar Rudy Prakanto.

Selama kunjungan, para peserta diajak untuk melihat berbagai fasilitas dan program unggulan yang dimiliki oleh Balai Tekkomdik DIY. Mereka mendapatkan penjelasan mendetail mengenai program dan layanan unggulan, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, pengembangan media pendidikan, serta strategi peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan. Salah satu program yang menarik perhatian adalah penggunaan platform digital dalam pembelajaran yang telah berhasil meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa di Layanan Jogjabelajar.

Ketua rombongan dari Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Plt. Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Juliansyah, S.Pd, M.Pd mengungkapkan rasa terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Balai Tekkomdik DIY. "Kami sangat terkesan dengan inovasi-inovasi yang telah dilakukan di sini. Pengalaman ini sangat berharga bagi kami dan akan menjadi referensi penting dalam upaya pengembangan GTK di Kalimantan Tengah," kata Juliansyah.

Kunjungan ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab antara kedua belah pihak. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk mencoba langsung beberapa teknologi dan fasilitas yang dimiliki oleh Tekkomdik. Diharapkan, hasil dari kunjungan ini dapat diimplementasikan di Kalimantan Tengah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan profesionalisme guru serta tenaga kependidikan di sana.

Dengan adanya kunjungan studi tiru seperti ini, diharapkan terjadi sinergi positif antar daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kunjungan ini juga menjadi langkah konkret dalam memperkuat jaringan kerjasama dan berbagi ilmu antar instansi pendidikan di berbagai daerah.

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: file_get_contents(https://purefine.online/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 522

Filename: public_html/index.php

Line Number: 316

Backtrace:

File: /home/btkpdiy1/public_html/index.php
Line: 316
Function: file_get_contents