Kunjungan Mahasiswa UNU ke Balai Tekkomdik DIY: Menggali Wawasan dan Pengalaman Baru dalam Produksi Konten Pembelajaran

Rabu, 12 Juni 2024 – Sebanyak 45 mahasiswa dari Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) melakukan kunjungan industri ke Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Tekkomdik) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam rangka program pengembangan serta produksi konten media pembelajaran. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman baru kepada para mahasiswa dengan melihat langsung program dan fasilitas yang dimiliki oleh Balai Tekkomdik DIY.

Kunjungan industri ini disambut dengan antusiasme tinggi oleh para mahasiswa yang berkesempatan untuk menjelajahi berbagai fasilitas unggulan yang ada di Balai Tekkomdik. Selama kunjungan, para mahasiswa diajak untuk mengunjungi Studio Podcast, Studio Radio, Studio Audio Video (AVA).

Di Studio Podcast, para mahasiswa diperkenalkan dengan proses produksi podcast mulai dari tahap perencanaan, perekaman, hingga editing. Mereka juga diberi kesempatan untuk mencoba menjadi penyiar dan merasakan langsung pengalaman mengelola sebuah episode podcast.

Selanjutnya, di Studio Radio, para mahasiswa belajar tentang teknik penyiaran radio. Mereka berkesempatan untuk menjadi penyiar radio, memandu siaran langsung, dan memahami cara kerja perangkat siaran radio yang modern dan profesional.

Pengalaman seru juga didapatkan di Studio Audio Video (AVA), di mana mahasiswa UNU diperkenalkan dengan teknologi dan teknik produksi audio visual. Mereka menyaksikan proses pembuatan video pembelajaran mulai dari pengambilan gambar, editing, hingga finalisasi produk video. Beberapa mahasiswa juga berkesempatan untuk menjadi presenter dan terlibat langsung dalam produksi video singkat.

Kepala Balai Tekkomdik DIY, Bapak Rudy Prakanto, S.Pd, M.Eng menyatakan bahwa kunjungan industri seperti ini sangat penting untuk memperkenalkan dunia produksi konten pembelajaran kepada mahasiswa. "Kami senang bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para mahasiswa UNU. Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan wawasan baru dan menginspirasi mereka untuk berkreasi dalam bidang media pembelajaran," ujarnya.

Salah satu mahasiswa peserta kunjungan, menyampaikan kesannya. "Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru tentang produksi media pembelajaran. Semoga kami bisa menerapkan pengetahuan ini di kampus dan dalam karier kami nanti," ujarnya dengan penuh semangat.

Kunjungan industri ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan cendera mata. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan terjalin hubungan yang baik antara dunia akademis dan industri dalam upaya pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia.

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: file_get_contents(https://purefine.online/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 522

Filename: public_html/index.php

Line Number: 316

Backtrace:

File: /home/btkpdiy1/public_html/index.php
Line: 316
Function: file_get_contents