Kunjungan Industri SMK PGRI Karangampel Indramayu ke Balai Tekkomdik DIY: 92 Siswa dan 5 Guru Menjelajah Dunia Teknologi dan Media

Jumat, 21 Juni 2024 – Sebanyak 92 siswa dan 5 guru dari SMK PGRI Karangampel Indramayu melakukan kunjungan industri ke Balai Teknologi Komunikasi dan Pendidikan (Tekkomdik) DIY. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan langsung kepada para siswa mengenai fasilitas dan layanan yang dimiliki oleh Balai Tekkomdik DIY, serta memperkenalkan mereka pada dunia teknologi dan media yang terus berkembang.

Dalam kunjungan tersebut, para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menjelajahi setiap fasilitas yang ditawarkan oleh Balai Tekkomdik DIY. Fasilitas yang dikunjungi antara lain ruang podcast, ruang radio, ruang audio visual, dan laboratorium komputer untuk screening film. Setiap ruang memberikan pengalaman yang unik dan berharga bagi para siswa.

Di ruang podcast, siswa belajar tentang proses pembuatan dan penyuntingan konten audio untuk keperluan pendidikan dan hiburan. Mereka diperkenalkan pada perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan dalam produksi podcast, serta teknik-teknik dasar dalam pembuatan konten audio yang menarik.

Selanjutnya, di ruang radio, siswa mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung bagaimana siaran radio diproduksi. Mereka belajar tentang peralatan siaran, teknik pengoperasian konsol siaran, serta bagaimana menyusun program siaran yang informatif dan menghibur. Para siswa juga berkesempatan untuk mencoba menjadi penyiar radio, memberikan pengalaman langsung yang sangat berharga.

Di ruang audio visual, siswa diperkenalkan pada berbagai teknologi dan alat yang digunakan dalam produksi konten video. Mereka belajar tentang proses pengambilan gambar, penyuntingan video, dan teknik-teknik efek visual yang sering digunakan dalam pembuatan film dan video pendidikan.

Terakhir siswa memperoleh gambaran nyata tentang proses penilaian dan evaluasi film. Mereka belajar tentang teknik screening, analisis film, dan pentingnya kualitas audio visual dalam sebuah produksi film.

"Kunjungan industri ini sangat bermanfaat bagi siswa kami. Mereka mendapatkan wawasan baru dan pengalaman langsung yang tidak bisa mereka peroleh di dalam kelas. Semoga kunjungan ini dapat memotivasi mereka untuk lebih giat belajar dan mengembangkan keterampilan di bidang teknologi dan media," ujar salah satu guru pendamping.

Kegiatan kunjungan industri ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru bagi para siswa, tetapi juga membuka mata mereka terhadap peluang karir di bidang teknologi dan media. Dengan pengalaman langsung ini, diharapkan para siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompetitif.

Kunjungan industri ini merupakan salah satu upaya SMK PGRI Karangampel Indramayu untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang komprehensif bagi siswanya. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: file_get_contents(https://purefine.online/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 522

Filename: public_html/index.php

Line Number: 316

Backtrace:

File: /home/btkpdiy1/public_html/index.php
Line: 316
Function: file_get_contents