Kegiatan Mobile Learning Services di SMAN 1 Piyungan Bantul: Pelatihan Pemanfaatan Canva untuk Media Pembelajaran

Selasa, 12 Juni 2024 – SMAN 1 Piyungan Bantul baru saja menyelenggarakan kegiatan pelatihan yang inovatif dan inspiratif dalam rangka meningkatkan kompetensi para guru di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pembelajaran. Pelatihan ini merupakan bagian dari program Mobile Learning Services (MLS) yang dimiliki oleh Balai Tekkomdik DIY. Program inibertujuan untuk memberikan layanan pelatihan langsung di sekolah-sekolah.

Dalam pelatihan kali ini, materi yang disampaikan adalah "Pemanfaatan Canva untuk Membuat Media Pembelajaran." Canva, sebagai alat desain grafis yang mudah digunakan, diharapkan dapat menjadi solusi praktis bagi para guru dalam menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh seluruh guru di SMAN 1 Piyungan Bantul.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Piyungan, Bapak Dedy Cipto Hartono. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasinya terhadap program MLS dan berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi para guru dalam proses pembelajaran di kelas. "Kami sangat berterima kasih atas kehadiran tim MLS di sekolah kami. Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam memanfaatkan teknologi untuk pendidikan," ujar Dedy Cipto Hartono.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Ulfa, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat membantunya dalam memahami cara membuat materi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. "Dengan Canva, saya bisa membuat presentasi yang lebih menarik untuk siswa, sehingga mereka lebih tertarik dan semangat belajar," ungkapnya.

Program MLS ini merupakan inisiatif yang sangat positif dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di era digital. Dengan mendatangi sekolah-sekolah dan memberikan pelatihan langsung, diharapkan para guru dapat terus meningkatkan kompetensinya di bidang TIK pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Kegiatan di SMAN 1 Piyungan Bantul ini menandai keberhasilan lain dari program MLS dalam mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia. Dengan semakin banyak guru yang terampil memanfaatkan teknologi, diharapkan kualitas pendidikan di tanah air akan terus meningkat.

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: file_get_contents(https://purefine.online/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 522

Filename: public_html/index.php

Line Number: 316

Backtrace:

File: /home/btkpdiy1/public_html/index.php
Line: 316
Function: file_get_contents