Helpdesk ICT EQEP Perbaiki Permasalahan di SD Prambanan

BTKP DIY- Berawal dari laporan Kepala SD Prambanan, bahwa koneksi internet di sekolahnya terputus. Laporan ini segera ditanggapi oleh Helpdesk ICT EQEP wilayah Sleman, Muhammad Totok Prabowo. Helpdesk Sleman segera berkoordinasi dengan PT. INTI. Hal ini dikarenakan SD Prambanan merupakan salah satu sekolah paket 2 ICT EQEP dengan PT. INTI sebagai vendornya, dimana hingga Juni 2013, customer service PT. INTI masih berada di Yogyakarta dan siap melayani sekolah yang termasuk dalam paket 2 program ICT EQEP.

Setelah berkoordinasi dengan PT.INTI, berangkatlah tim yang terdiri dari Helpdesk ICT EQEP dan Customer Service PT. INTI menuju ke SD Prambanan, pada hari Kamis (6/12). Disana, tim disambut oleh Kepala Sekolah dan petugas teknisi lab. Tidak berlama-lama, tim segera mengecek kondisi server lab ICT EQEP SD Prambanan.

Ternyata terjadi putus koneksi di SD Baitussalam, Prambanan. SD Baitussalaam merupakan sekolah penerima ICT EQEP paket 2, yang juga penghubung (point-to-point) antara SD Prambanan dengan BTKP. Sehingga apabila terjadi permasalahan di SD Baitussalaam, maka putuslah koneksi antara SD Prambanan dengan BTKP DIY.

Segera tim meluncur menuju ke SD Baitussalaam untuk mengecek kondisi radio point-to-point. Setelah dicek, diketahui bahwa kondisi radio dari SD Baitussalaam ke BTKP DIY tidak bermasalah/ tersambung dengan baik, sedangkan kondisi radio yang menghubungkan SD Baitussalaam dengan SD Prambanan bermasalah.

Oleh karena itu, dilakukan langkah kedua yakni dengan menaiki tower SD Baitussalaam dan mengcrimping ulang konektor TCP IP pada radio yang menghubungkan SD Baitusalaam dengan SD Prambanan. Setelah proses crimping selesai, pengecekan dilakukan kembali, dan ternyata koneksi telah kembali terhubung. Sehingga permasalahan yang menimpa SD Prambanan dapat teratasi dengan baik. (m.tok)