Transformasi Digital : Manfaatkan Whatsapp Business sebagai Kunci Sukses UMKM di Era Digital

Transformasi digital menjadi topik pembahasan yang cukup hangat dalam kurun waktu belakang, hal ini karena perubahan zaman yang begitu cepat sehingga digitalisasi terjadi diberbagai aspek kehidupan masyarakat. Dilansir dari sasanandigital.com Transformasi digital merupakan proses pemanfaatan teknologi digital untuk membawa suatu perubahan secara signifikan dalam berbagai aspek kehidupan sehingga kebutuhan mampu segera terpenuhi dengan cepat, mudah, dan praktis. Transformasi digital mempunyai tiga aspek utama yaitu; pertama manusia, manusia menjadi aspek terpenting karena manusialah yang menjalankan sekaligus pondasi munculnya teknologi; kedua teknologi, teknologi menjadi pendukung dalam transformasi digital karena teknologi menjadi alat yang akan dijalankan oleh manusia; ketiga bisnis, bisnis itu sendiri merupakan segala aktivitas manusia yang bisa menghasilkan keuntungan. Pada transformasi digital inilah bisnis menjadi bahan yang akan ditransformasikan oleh manusia melalui alat berupa teknologi. Sehingga dari tiga aspek utama ini dapat dilihat bahwa transformasi digital menjadi sebuah proses yang memudahkan transmisi bisnis yang dilakukan oleh manusia dengan alat teknologi. Sehingga transformasi digital dapat memenuhi kebutuhan manusia sekaligus menguntungkan karena bisnis akan berjalan dengan lebih mudah.

Salah satu konteks bisnis yang dimaksud dapat mengarah kepada sebuah usaha peningkatan pendapatan dan keuntungan oleh UMKM.  Dilihat dari pengertiannya, UMKM merupakan sebuah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha secara mikro untuk meraih keuntungan. Berdasarkan data dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) terdapat 65,47 juta pelaku UMKM Di Indonesia, sementara itu terdapat 21,8 juta UMKM yang sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Jika dilihat dari angkanya masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan platform online, namun angka tersebut sudah jauh lebih baik jika dibandingkan sebelum pandemic Covid-19. Jumlah pelaku usaha yang memanfaatkan platform online ini diharapkan terus meningkat dari waktu ke waktu karena zaman yang terus berkembang menjadi semakin canggih dan serba digital. Selain itu manfaat dari penggunaan platform online yang bergitu banyak untuk memasarkan produk, seperti :

  1. Proses Transaksi Mudah dan Efisien
    Meningkatnya tren berbelanja secara online ditengah masyarakat tentu mempengaruhi perubahan cara bertransaksi. Pada masa kini transaksi dilakukan dengan cara non-tunai, bahkan hampir semua kegiatan jual beli sudah mulai dilakukan secara digital. Hal inilah yang menyebabkan transaksi lebih mudah dan efisien.
  2. Jaringan Pemasaran Lebih Luas
    Sebelum digitalisasi merebak ditengah masyarakat, konsumen hanya berasal dari daerah sekitar tempat usaha atau bahkan promosi hanya bisa dilakukan kepada target konsumen yang dekat karena keterbatasan jaringan. Namun pada masa kini, promosi atau pemasaran sudah dapat menjangkau banyak wilayah melalui pemanfaatan platform online sebagai sarana promosi.
  3. Minim Biaya dan Waktu
    Melalui pemanfaatan platform online dalam berjualan ini tentu dapat mengurangi biaya untuk menyewa ruko karena etalase dapat ditaruh pada platform online seperti katalog whatsaapp business. Selain itu pelaku UMKM juga tidak perlu 24jam menjaga namun toko olinenya dapat dibawa kemanapun karena toko online terdapat di dalam handphone.
  4. Pendapatan Bisnis Meningkat
    Dengan pemasaran yang menjangakau lebih banyak pasar dan efesiensi waktu dan biaya tentu dapat mengoptimalkan pendapatan bisnis, hal ini karena semakin banyak permintaan konsumen namun penggunaan anggaran bisnis tetap rendah.

Pemerintah mempunyai target untuk meningkatkan angka tersebut, sehingga dilakukan segala macam usaha seperti terjun langsung ke beberapa daerah serta mengenalkan berbagai macam platform online mulai dari yang kompleks hingga sederhana seperti whatsapp business. Dilansir dari laman whatsapp.com, Whatsapp business merupakan salah satu platform yang mendukung sekaligus membantu berbagai macam sector bisnis, mulai dari bisnis yang kecil dan besar. Whatsapp business juga menyediakan dua pilihan program bagi para pelaku bisnis, yaitu; platform whatsapp business yang digunakan untuk bisnis ukuran sedang hingga besar dan aplikasi whatsapp business yang diperuntukkan untuk bisnis berukuran kecil yang mengelola percakapan dengan pelanggan secara mandiri. 


Gambar Perbedaan Program Whatsapp Business

Bagi UMKM akan lebih diarahkan ke aplikasi whatsapp business, hal ini karena berbagai macam fitur pada Aplikasi whatsapp business lebih mudah daripada platform whatsapp business. Mengenai manfaat dan penjelasan mengenai fitur whatsapp business tentu akan dijabarkan dan dijelaskan satu persatu.

Beberapa fitur dalam Aplikasi Whatsapp Business yang dapat menunjang bisnis :

  1. Greeting Message
    Fitur ini merupakan fitur yang dapat mengirim pesan secara otomatis kepada konsumen Pesan dalam fitur ini juga bisa diatur oleh penjual sesuai dengan keinginan. Pada penulisan pesan dalam greeting message dianjurkan untuk tidak telalu panjang namun tetap memuat informarsi penting, hal ini agar konsumen memahami maksud pesan dengan mudah. Pada fitur ini dianjurkan untuk dicantumkan link katalog produk agar konsumen dapat melihat terlebih dahulu produk-produk yang terdapat dalam toko.

  2. Setting Away Message
    Fitur ini digunakan untuk memberitahu kepada konsumen bahwa admin atau penjual belum dapat membalas pesan ini secara cepat, namun admin atau penjual akan segera menjawab pesan ini secepat mungkin. Fitur ini tidak terlalu beda jauh dengan fitur greeting message, namun pada fitur ini lebih digunakan sebagai penanda toko sedang sibuk atau sedang tutup. Sehingga pada fitur ini dapat diatur berdasarkan waktunya tergantung dari keinginan admin atau penjual. Selain itu fitur ini juga perlu dilakukan agar konsumen tidak merasa di ‘cuek’ kan oleh penjual atau admin. Fitur ini tentu akan sangat bermanfaat karena seorang penjual tidak akan bisa 24 jam memantau whatsaap, sehingga fitur ini membantu menjawab pesan.


  3. Quick Replies
    Tidak berbeda jauh dengan fitur greeting message dan setting away message, quick replies juga merupakan fitur yang berhubungan dengan pesan yang digunakan untuk chat. Melalui fitur ini setiap pesan masuk dapat langsung dibalas dengan menggunakan pesan berulang. Admin atau penjual tak perlu repot lagi mengetik ulang dan hanya menuliskan kata kunci yang akan dikirim. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi kecepatan dan konsistensi dalam menjawab pesan dari konsumen.


  4. Katalog Product
    Fitur ini adalah fitur pokok yang dimiliki oleh whatsapp business dan tidak dimiliki oleh whatsapp message pada umumnya. Manfaat katalog produk ini tidak berbeda jauh dengan etalase produk pada e-commerce, namun pada whatsapp business pendekatannya lebih personal. Pada katalog produk terdapat deskripsi dibawahnya, penulisan deskripsi ini diharapkan spesifik dan jelas berdasarkan gambar pada katalog produk. Katalog dapat menampilkan foto produk berderet, dengan hanya satu foto perbaris, diikuti dengan harga, deskripsi produk dan tautan situs web (jika ada).

    Gambar Katalog Product
  5. Jadwal Promosi Hard Selling
    Fitur ini bukan terdapat pada whatsapp  business melainkan luar whatsapp business, sehingga ini hanya pendukung fitur whatsapp business saja. Pada fitur ini lebih kepada bagaimana admin atau penjual menjadwalkan promosi kepada target konsumen, hal ini di perlukan agar admin atau penjual dapat melakukan promosi secara terstruktur. Promosi yang dilakukan secara terus menerus secara personal akan mengganggu konsumen, disisi lain ini juga akan menimbulkan spammer sehingga bisa terancam block oleh sistem whatsapp business.

    Gambar Jadwal Promosi
  6. Broadcast
    Broadcast Whatsapp adalah pesan yang dikirim secara massal ke beberapa nomor sekaligus. Dengan fitur ini, setiap pengguna hanya perlu membuat satu pesan dan kemudian dapat dikirim secara otomatis ke beberapa nomor kontak.

    Gambar Fitur Broadcast

Sumber :

Yuliani, Ayu. (2017, 17 November) . Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online. Diakses dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media#:~:text=Saat%20ini%2C%20jumlah%20UMKM%20di,platform%20online%20dalam%20memasarkan%20produknya.

OCBC. (2023, 19 Mei). Apa itu Digitalisasi UMKM? Ini Manfaat Penting dan Strateginya. Diakses dari https://www.ocbcnisp.com/id/article/2023/05/19/digitalisasi-umkm-adalah#:~:text=Dengan%20adanya%20digitalisasi%20UMKM%2C%20hal,bisnis%20dalam%20mengurangi%20biaya%20operasionalnya

Santi,M.,Astria,D.(2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Online Untuk Meningatkan Jumlah Penjualan. Jurnal Ekonomi Syariah, 8(2), 246-270.