TIPS GUNAKAN SMARTPHONE DAN INTERNET KELUARGA DARI APPLE

Bagi orang tua tentu sangat menginginkan anaknya bisa mengikuti perkembangan teknologi yang telah ada. Smartphone dan Internet menjadi salah satu teknologi yang paling berkembang saat ini. Inovasi dari sebuah Smartphone berkembang sangat pesat, berbagai macam merk dan spesifikasi smartphone sekarang ini hampir menyerupai sebuah komputer. Selain itu Internet juga menjadi sebuah kebutuhan di zaman milenial ini. Dengan rasa ingin tahu yang besar, anak – anak bisa saja membuka berbagai macam hal yang tidak pantas untuk anak seumurannya tanpa diketahui oleh orang tua. Maka dari itu peran dari orang tua diharapkan mampu membawa anaknya untuk bijak dalam memilih berbagai teknologi yang sesuai dengan umur si anak.

Perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California yaitu Apple inc. telah berbagi tips yang bermanfaat bagi anda para orang tua.  Apple belum lama ini, mengumumkan laman barunya yaitu Families, di situs web miliknya. Melalui laman tersebut, Apple memberikan sejumlah tips bagi orangtua agar anak-anak tetap aman saat menggunakan smartphone dan internet.

Dikutip dari laman Phone Arena, Senin (19/3/2018), bagian pertama dari laman itu menginformasikan cara - cara agar anak tidak membuka aplikasi, bermain gim dan melihat konten yang tidak sesuai dengan umurnya. Salah satu contohnya yaitu Apple merujuk pada bagian Kids di App Store. App Store merupakan Platform distribusi aplikasi untuk iOS yang dikembangkan dan dikelola oleh perusahaan Apple Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna menjelajah dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan Apple iOS SDK, Aplikasi dapat diunduh langsung dari sebuah perangkat iOS atau komputer pribadi (Macintosh atau PC) melalui iTunes. Dalam Apps Store terdapat bagian untuk Aplikasi untuk anak – anak, bagian ini bisa digunakan orangtua untuk memilih rentang umur untuk aplikasi yang sesuai dengan anak-anak.

Apple juga mengatakan bahwa orangtua tidak hanya bisa melarang anak mereka memasang aplikasi baru, tapi juga bisa menonaktifkan browser Safari pada perangkat iOS. Selain itu, laman tersebut juga berisi pesan agar orangtua tidak harus selalu mengirim pesan kepada anak-anak untuk mengetahui keberadaan mereka. Berbekal fitur Find My Friend, orangtua bisa mengetahui lokasi anak-anak mereka berada.

Anggota keluarga juga bisa menggunakan Family Sharing untuk memiliki aplikasi, film acara TV, musik dan buku, yang sama pada perangkat mereka. Selain itu, juga bisa membuat album foto dengan kapasitas penyimpanan hingga 2TB dan bisa dibagikan kepada semua anggota keluarga yang saling terhubung.

Tips lain yang diberikan Apple adalah orangtua dan anak-anak bisa menggunakan mode Night Shift agar membuat layar iPhone dan iPad "menghangat" dengan menghilangkan cahaya biru, agar aktivitas istirahat tidak terganggu. Night Shift menggunakan jam dan lokasi geografis perangkat iOS untuk menentukan waktu matahari terbenam. Tampilan kemudian akan mengubah warna layar ke warna yang lebih hangat. Pada pagi hari fitur ini akan mengembalikan tampilan ke ppengaturan biasa. Begitulah penjelasan secera singkat bagaimana Night Shift itu bekerja. Night Shift tersedia di iPhone 5s atau yang lebih baru, iPad Pro, iPad (generasi ke-5), iPad Air atau yang terbaru, iPad mini 2 dan iPod touch (generasi ke-6).

Dari ulasan diatas merupakan sebagian tips saja yang telah diberikan oleh Apple dari Laman barunya yaitu Families, jika anda ingin membaca secara lengkap tentang tips yang telah Apple bagikan, anda bisa mengunjungi sendiri pada laman, www.apple.com/families. Disana anda akan mendapat informasi secara lengkap mengenai Tips menggunakan Smartphone dan Internet dari Apple.