Tips Buat Kamu Para Freshgraduate dan Belum Punya Pekerjaan

Itu adalah kata-kata yang menyesakkan bagi kamu para lulusan sarjana yang masih mencari pekerjaan dan menunggu panggilan. Dan kamu pasti akan bosan jika pekerjaanmu hanya menunggu sesuatu yang belum pasti di rumah. Karena pekerjaan juga berbakat dalam melakukan PHP. Maka dari itu, ini tips-tips yang bisa kamu lakukan di waktu senggangmu (nganggurmu).

1. Jejakkan langkah kakimu di negara asing, mumpung usiamu masih muda.

Meskipun kamu sudah lulus, ternyata masih banyak kegiatan-kegiatan pertukaran dan acara konferensi internasional yang tidak menuntut persyaratan masih “pelajar atau mahasiswa”. Bahkan kegiatan-kegiatan tersebut fully funded (dibiayai penuh). Contohnya adalah PPAN dan konferensi ASEF. Jadi, selain kamu melamar pekerjaan kamu juga bisa mendaftar di kegiatan internasional. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Kalau rejeki bisa ke luar negeri.

2. Kamu tetap bisa traveling dengan biaya miring.

Sekarang di zaman sekarang ini traveling menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh muda-mudi. Pergi ke tempat rekreasi, selfie, dan post di media sosial. Karena kamu selalu berada di rumah, belum punya penghasilan. Kamu bisa traveling untuk menenangkan diri sejenak dari berbagai penat kehidupan dengan biaya murah. Kamu bisa Searching tempat-tempat wisata yang anti-mainstream juga tidak mengeluarkan biaya mahal.Tempat traveling yang murah dan recomended adalah pantai yang belum pernah disinggahi. Kamu bisa melihat matahari terbenam sambil mendengarkan deburan ombak yang pasti sangat menenangkan.

3. Buat memori indah dengan orang terdekat, sebelum terlambat

Sudah melamar kemana-mana dan akhirnya diterima. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Tapi penempatanmu ternyata di Papua. Jauh dari keluarga. Maka dari itu sekarang kamu harus mulai untuk mencoba menjadi anak yang berbakti kepada orang tua dan saudara yang baik bagi kakak atau adik kalian. Karena, pada saat kalian jauh dengan orang terdekat atau keluarga pasti kamu akan merindukan mereka. Cobalah untuk membuat surprise dan berfoto asyik dengan mereka. Nanti, pada ada saat kamu jauh, kalian sudah punya segudang memori yang indah untuk diingat.

4. Coba-coba berhadiah dengan mendaftar S-2

Mungkin kamu memang tidak bercita-cita untuk melanjutkan S-2 tetapi apa salahnya jika kamu mencoba mendaftar S-2 dengan beasiswa? Karena takdir manusia di masa depan tidak ada yang tahu. Mungkin saja dengan mencoba mendaftar S-2 kamu diterima dan jalan kesuksesanmu ada disana. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dosen-dosen yang sudah kamu kenal di Universitas kalian.

5. Hubungi sahabatmu kembali

Setelah mengikuti arus kehidupan perkuliahanmu yang sangat pekat. Kamu mungkin saja lupa dengan sahabat-sahabatmu. Apalagi yang baru saja selesai fokus dengan skripsinya, pasti sebagian besar dari kamu melupakan para sahabatmu. Karena hanya ingin menjalin hubungan dengan dosen penguji dan pembimbing. Sebagian orang bilang, persahabatan tak akan lekang oleh waktu.Maka dari itu sekarang adalah saat yang tepat untuk menghubungi mereka kembali. Kamu bisa sharing dan saling membantu dalam mencari pekerjaan. Mungkin saja dengan menghubungi mereka kamu bisa mendapatkan link pekerjaan. Makanya, kata orang dengan silaturahmi bisa menambah rejeki.

6. Ikut komunitas keren di kotamu dan berkenalanlah dengan orang-orang baru

Kembangkan sayapmu dan perluas jaringanmu. Kamu bisa mengikuti kegiatn-kegiatan positif dari komunitas keren di kotamu. Selain mendapatkan teman baru dan pengalaman baru, dengan mengikuti komunitas keren dikotamu kamu bisa menambahkan CV di bagian organisasi dan pengalamannya.

7. Ikuti Kegiatan Sosial

Kegiatan ini banyak sekali manfaatnya, selain membantu orang yang kesusahan kamu juga mendapatkan ilmu kehidupan. Kamu bisa melihat bahwa kita harus selalu bersyukur dengan apa yang kita telah miliki saat ini. Disamping itu kata orang, dengan membantu orang lain maka kita akan dibantu oleh tangan-tangan tuhan yang tak terlihat. Maka, jika ingin lebih cepat mendapatkan pekerjaan, mungkin dengan membantu orang lain dahulu kamu bisa “memancing” untuk mendapatkan pekerjaan. Tapi jangan jadikan ini sebagai motivasi kamu yah, tapi bonus yang mungkin akan kamu dapatkan.