Teknologi Baru Ini Memungkinkan Kita Membayar Sesuatu Menggunakan Telapak Tangan

Saat ini, kebanyakan dari kita mungkin sering menggunakan kartu kredit atau debet untuk membeli makanan atau minuman di kafe atau restoran. Namun mungkin tak perlu waktu lama lagi kita tak perlu menggunakan kartu untuk membeli sesuatu, karena teknologi terbaru akan memungkinkan kita membayar sesuatu hanya menggunakan telapak tangan kita saja.

Seperti yang dilansir dari Wifr, Senin (21/12/2015), dengan adanya teknologi terbaru yang memungkinkan membayar menggunakan telapak tangan akan semakin memudahkan aktivitas. Seperti ketika kita membeli sesuatu, namun kita memiliki banyak waktu untuk proses pembayaran di kasir yang membutuhkan waktu lama.

Hal ini juga dirasakan langsung oleh Nick Liston, seorang warga Rockford yang hampir setiap hari melakukan latihan angkat beban di PEAK Sports Club. Sementara ia mengangkat beban yang memompa darahnya, pembuluh darahnya akan membantu membayar camilannya pasca-gym.

"Hanya untuk dapat berjalan dan membayar dengan tangan saya, itu benar-benar nyaman," kata Liston. "Saya tidak pernah berpikir kita bisa melakukan sesuatu seperti ini dengan tangan kita. Ini kasir pertama dari jenisnya di Midwest dan itu di sini, di Rockford." tambahnya.

Di dalam gym tersebut terdapat kafe bernama Thrive Café yang berlokasi di Perryville, pemilik Jason Rager mengatakan "setelah kita mendaftakan, pola pembuluh darah kita akan dihubungkan dengan kartu kredit kita. Anda tidak perlu telepon, kunci Anda, kartu scan, semua yang Anda butuhkan adalah tangan Anda sendiri," kata Rager.

Lalu bagaimana cara kerja teknologi tersebut? Perangkat Ini disebut Biyo Technology atau Biyo Wallet. Perangkat akan memindai pola unik dari pembuluh darah di tangan kita dan kita membayar sesuatu dengan menggunakan identifikasi kita sendiri.

Perangkat ini merupakan terminal kartu kredit dan telah terhubung dengan scanner built-in biometrik telapak tangan. Di dalam scanner terdapat kamera inframerah Fujitsu yang memotret pola vena Anda dan kemudian mengaitkan dengan kartu kredit Anda. Setelah Anda mengaitkan pola telapak tangan Anda dengan kartu kredit, maka kasir yang sudah mendukung perangkat ini akan lebih mudah menerima pembayaran barang yang Anda beli.

Jika calon pembeli yang akan membayar menggunakan fitur ini belum terdaftar, proses pendaftaran hanya memakan waktu sekitar 20 detik. Mereka hanya perlu menggesek kartu mereka pada perangkat, kemudian memindai telapak tangan mereka, dan memasukkan nomor telepon mereka. Cara yang terbilang sangat simpel, karena hanya perlu hitungan detik saja.

"Ini gila, sudah pasti itu ide yang sangat kreatif, untuk dapat membeli sesuatu hanya dengan tangan saya, membuat nyaman," kata teknologi co-creator, Aimann Rasheed.

Pencipta perusahaan dari New York mengatakan, perangkat bisa mengubah masa depan toko dan untuk pelanggan seperti Liston yang hampir setiap hari berolahraga di gym, masa depan teknologi benar-benar bisa berada di tangan kita.

Perangkat ini ditujukan untuk toko-toko penjual minuman atau restoran cepat saji, sehingga pembayaran akan menjadi lebih cepat dan antrian tidak akan sepanjang biasanya.