Tahukah Kamu Apa Perbedaan 3G dan 4G ?

Mungkin kalian sering mendengar kata-kata jaringan 3G atau juga 4G. Namun tahukah kalian apa perbedaan antara 3G dan 4G? Dilansir dari situs smartfren, Teknologi 4G LTE adalah generasi keempat dari jaringan internet, yang akan menjadi penerus dari 3G. Walaupun mulai ramai dibicarakan, di Indonesia sendiri pertumbuhan internet ini tergolong lambat. Salah satu alasannya adalah masih banyaknya perangkat yang memberikan dukungan untuk 3G dibandingkan 4G.

Agar lebih mendalami tentang pengertian jaringan-jaringan internet, mungkin ada baiknya kamu ketahui sejarah penciptaan teknologi mulai dari generasi pertama. Untuk generasi pertama atau yang biasa disebut G atau 1G, jaringan ini mampu memberikan kecepatan internet hingga 14.4 kbps. Sementara untuk generasi kedua atau 2G, digunakan untuk jaringan TDMA dan CDMA dengan kecepatan 9 – 14 kbps. Selanjutnya adalah teknologi 2.5G, yang mendukung jaringan GPRS dan EDGE, membuat internetan makin cepat dengan kekuatan 20 – 40 kbps.

Kemudian muncullah generasi ketiga atau 3G, untuk jaringan CDMA, EV-DO, UMTS, dan EDGE. Kecepatannya pun semakin tinggi, hingga 500 – 700 kbps. Teknologi ini kemudian secara perlahan diganti oleh 3,5G dengan jaringan HSDPA yang punya kecepatan hingga 7,2 Mbps.

Dan yang terakhir, atau yang paling mutakhir adalah teknologi generasi 4G, atau Digital broadband packet data all IP untuk jaringan Wi-Fi, WiMax, dan LTE. Untuk mengetahui lebih detail mengenai perbedaan antara 3G dan 4G, berikut adalah penjelasan yang perlu kamu simak.

Teknologi 3G sudah ada sejak tahun 2000-an dan memang sangat cocok untuk perkembangan internet saat itu, dimana segalanya masih tampak sederhana dan tidak memerlukan banyak kecepatan untuk melakukan download menggunakan jaringan GPRS. Kemudian secara perlahan berkembang menjadi EDGE, yang kecepatannya 3 kali lebih cepat daripada GPRS. Sedikit di atas EDGE ada UMTS yang bisa dinikmati untuk melakukan video streaming, video conference, dan video calling.

Sementara itu, perbedaan paling jelas antara jaringan 3G dengan 4G adalah dalam hal kecepatan, dimana internet generasi 4G terbilang cepat mencapai 185 Mbps untuk mengunduh dan 41 mbps untuk mengunggah file. Hanya saja, karena masih baru, teknologi ini belum bisa dinikmati secara merata di seluruh pelosok Indonesia. Jaringan 4G memiliki solusi IP yang komprehensif, dimana suara, data, dan arus multimedia bisa didapatkan dengan sangat cepat oleh para penggunanya. Itulah perbedaan antara jaringan 3G dengan generasi 4G dimana pembeda yang sangat kentara adalah dalam hal internet cepat serta kemampuan transfer data yang lebih bermacam-macam.