Prediksi Mengenai Teknologi yang Bakal Hadir di 2018, Apa Saja?

Banyak pengemuan-penemuan yang luar biasa di tahun 2017. Namun inovasi teknologi akan terus menawarkan perubahan tiap tahunnya. Hal itu wajar karena teknologi akan terus diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Mulai dari konsep mobil yang dapat berjalan sendiri dengan bantuan A.I dari Toyota, hingga PC mini yang seukuran kartu kredit yang diluncurkan oleh Intel telah diperkenalkan pada tahun 2017. Lantas, bagaimana dengan prediksi tren teknologi di 2018? Mengutip Mirror, Rabu (3/1/2018), berikut ini beberapa tren teknologi yang diperkirakan menjadi tren tahun ini.

1. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan sebelumnya hanya diterapkan pada bidang bisnis tertentu, tampaknya akan diaplikasikan kebanyak hal lain. Dikutip dari blogunik.com (30/12/2017) beberapa teknologi yang akan mulai disisipi kecerdasan buatan adalah perangkat rumah, perangkat wearablehearable, bahkan cermin.

2. Augmented Reality

Augmented Reality diperkirakan bakal tumbuh subur di 2018. Hal ini tak lepas dari sejumlah perusahaan teknologi, seperti Amazon dan Apple yang dikabarkan tengah menggarap kacamata pintar berbasis AR. Jika kabar itu benar, perangkat itu memungkinkan interaksi dunia digital dan nyata dapat terjadi.

3. Mata Uang Digital

Menurut James Altucher "Bitcoin dapat memecahkan masalah pencetakan uang yang tidak terbatas, pemalsuan, pembelanjaan ganda dan anonimitas," tuturnya. Meski harus diakui sebagian besar adalah penipuan, ia merasa bitcoin dan beberapa mata uang digital lainnya akan tetap bertahan. "Ini adalah peralihan tektonik uang dan kekayaan yang akan kita lihat dalam hidup kita," tutupnya kepada CNBC.com (01/12/2017).

4. Perjalanan Wisata ke Luar Angkasa

Terobosan ini digagas oleh Elon Musk, CEO dari SpaceX. Tampaknya SpaceX serus dengan rencana perjalanan wisata ke luar angkasa, sehingga saat seseorang keluar angkasa tidak hanya melulu soal penelitian. Rencananya SpaceX akan mulai mengirim orang keluar angkasa pada akhir tahun 2018.

Itulah beberapa prediksi tentang tren teknologi yang akan berkembang pesat di tahun 2018. Namun tidak menutup kemungkinan teknologi pun akan berkembang pesat pula. Dengan perkembangan tersebut diharapkan kita juga akan berkembang kearah yang lebih baik. Selamat Tahun Baru!