Mengulas Tentang Cache Pada Smartphone

Setiap smartphone pasti memiliki data cache di dalam memori internalnya. Tapi apakah kamu mengetahui apa itu cache? Dan apakah cache perlu untuk dihapus dari smartphone? Kalau kamu belum tahu apa itu cache maka akan saya beri penjelasan secara singkat ke kalian. Berikut, penjelasan apa itu cache dan apakah cache itu harus dihapus?

Secara sederhana cache adalah data bersifat sementara yang disimpan pada sistem penyimpanan internal smartphone. Data cache ini mencatat semua aktivitas kamu saat menggunakan sebuah aplikasi. Cache berguna untuk membuat kerja smartphone saat mengakses sebuah aplikasi jadi lebih cepat. Contohnya begini, kamu membuka aplikasi browser lalu mengakses situs Facebook dengan menulis alamat web nya di kolom pencarian. Melakukan login, menyimpan password, dan membuka galeri foto. Semua data kamu akan disimpan dalam data cache. Sehingga ketika kamu membuka browser dan ingin mengakses situs Facebook, kamu tidak perlu menulis alamat web serta login lagi karena data kamu sebelumnya sudah tersimpan di data cache. Hal ini membuat akses jadi lebih cepat.

Apa Data Cache Harus Dihapus?, data cache memang bermanfaat untuk efisiensi waktu serta kecepatan smartphone mengakses sebuah aplikasi. Tapi jika data cache terlalu besar justru akan membuat kinerja smartphone menjadi lemot karena memori internal penuh. Jadi, sebaiknya kamu menghapus data cache secara rutin. Tidak perlu setiap hari, bisa lakukan 2 hari sekali atau seminggu sekali saja. Atau kamu juga bisa menghapus data cache kapanpun ketika kamu merasa kinerja smartphone mulai lemot.

Ada 2 cara mudah menghapus cache yang bisa kamu lakukan guys. Menggunakan cara manual atau bisa juga menggunakan aplikasi tambahan. Begini cara hapus cache di HP android :

Cara hapus cache tanpa aplikasi hanya butuh beberapa langkah sederhana. Begini tahapannya :

  1. Pertama, buka menu pengaturan di smartphone android kamu. Setelah itu masuk ke Menu Apps, pilih aplikasi mana yang ingin kamu hapus cache.
  2. Setelah masuk di dalam menu aplikasi, tap pada pilihan Clear Chace. Dengan begitu semua cache akan terhapus. Ketika kamu membuka aplikasi, kamu seperti membuka aplikasi untuk pertama kalinya.

Itulah penjelasan mengenai apa itu cache dan cara menghapus cache dari saya, Semoga penjelasan tentang apa itu cache bisa membantu kamu ya. Semoga bermanfaat!