-
Telp Kantor
0274 517327 -
Surat Elektronik
[email protected] -
Alamat Kantor
Jl. Kenari No.2, Semaki
Telp Kantor
0274 517327Surat Elektronik
[email protected]Alamat Kantor
Jl. Kenari No.2, SemakiTeknologi berkembang dengan sangat cepat, terutama teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi yang berhubungan dengan internet seakan menjadi primadona bagi semua kalangan. Perkembangan teknologi tersebut mengharuskan semua bidang berubah menyesuaikan diri supaya tidak ditinggalkan oleh teknologi tersebut, termasuk diantaranya dalam bidang pendidikan.
Definisi Augmented Reality
Salah satu tren teknologi terbaru saat ini adalah pemanfaatan Augmented Reality. Menurut Azuma (1997) melalui Bintoro Styawan dalam Jurnal Augmented Reality dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD, Augmented Reality (AR) didefinisikan sebagai teknologi yang menggabungkan dunia nyata dan dunia maya, bersifat interaktif menurut dunia nyata serta berbentuk animasi tiga dimensi. Augmented Reality berarti menggabungkan dunia maya dengan dunia nyata melalui teknologi dan memproyeksinya secara real-time. Teknologi gadget saat ini sangat memungkinkan penerapan teknologi Augmented Reality.
Sejarah Augmented Reality
Berikut merupakan sejarah penggunaan Augmented Reality Ilmawan Mustaqim dan Nanang Kurniawan dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality
“Menurut Raajan (2014) Augmented Reality pertama kali digunakan pada tahun 1957-1962 oleh seorang Sinematografer bernama Norton Heilig, yang diberi nama Sensorama. Sensorama merupakan sebuah simulator yang dapat mensimulasikan visual, getaran dan bau. Pada tahun 1966, Sutherland melakukan claim telah menemukan head-mounted display yang sering disingkat menjadi HMD. HMD menjadi cikal bakal pemanfaatan Augmented Reality yang menggunakan perangkat keras dan dipasang di kepala pengguna. Contoh pemanfaatan HMD pada saat ini adalah Google Glass. Di era 2000-an tepatnya tahun 2009, Sqoosha memperkenalkan FLARToolkit, yang merupakan hasil pengembangan dari ARToolkit. FLARToolkit dapat digunakan untuk menambahkan Augmented Reality pada website, karena keluaran yang dihasilkan FLARToolkit berbentuk Flash. Pada tahun 2010, Acrossair membenamkan teknologi AR pada I-Phone 3GS”
Bahasa mudahnya teknologi Augmented Reality menggabungkan secara real-time konten digital baik 2D atau 3D dengan dunia nyata dengan diproyeksikan melalui bantuan webcam, computer, kamera bahkan kacamata khusus. Perangkat tersebut berfungsi sebagai output device yang menampilkan sebuah informasi berupa bentuk video, gambar, animasi ataupun model 3D. Sehingga, pengguna bisa melihat hasilnya dalam cahaya buatan dan alami. Augmented Reality atau AR menggunakan teknologi SLAM (Simultaneous Localization and Mapping), sensor, dan pengukur kedalaman. Semua teknologi tidak bisa berdiri sendiri, termasuk juga Augmented Reality. Komponen teknologi pendukung Augmented Reality antara lain kamera dan sensor, perangkat proyeksi dan refleksi.
Jenis-jenis Augmented Reality
Perkembangan teknologi Augmented Reality semakin canggih. Menurut www.dicoding.com, Augmented Reality dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya :
Penerapan Augmented Reality
Saat ini teknologi Augmented Reality sudah diterapkan pada banyak bidang kehidupan. Beberapa contoh penerapan Augmented Reality antara lain :
Sebenarnya masih banyak contoh penggunaan teknologi Augmented Reality saat ini misalnya dalam bidang pendidikan, industry dan sebagainya. Pembahasan mengenai penerapan AR dalam bidang pendidikan akan diulas dalam artikel berikutnya. Artikel ini hanya sebagai permulaan untuk lebih mengenal teknologi Augmented Reality.
Oleh : Ngatifudin Firdaus*)
DAFTAR PUSTAKA :
https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/
https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-augmented-reality-dan-contohnya/
Mustaqim, Ilmawan., & Kurniawan, Nanang. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1,1.
Setyawan, Bintoro., Rufi’i., & Fatirul, Ach Noor. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07, 78-90.