Dampak Fisiologis dari Penggunaan Ponsel Pintar

Zaman sekarang setidaknya satu memiliki satu ponsel pintar. Hal tersebut tentu akan berdampak pada kehidupan kita, setelah pada bulan sebelumnya kami telah membahas pengaruh teknologi pada psikologis seseorang, kali ini akan kami bahas pengaruh penggunaan ponsel pintar berlebihan secara fisiologis pada tubuh kita. Mari kita cermati satu persatu.

1. Smartphone pinky

Nama ini terdengar lucu, Smartphone pinky merupakan cedera jari bengkok terlalu sering menggunakan ponsel pintar. Dikutip dari Sydney Morning Herald, Senin (25/1/2016), 'smartphone pinky' terjadi pada kelingking di tangan yang dominan memegang ponsel, dan umumnya terjadi pada orang yang sering chat di ponsel setidaknya enam jam sehari.

2. Tech Neck

Tech Neck atau text neck atau disebut juga iPosture merupakan cedera pada tulang belakang yang disebabkan Posisi menunduk saat menggunakan ponsel pintar. Dalam Jurnal Teknologi Operasi Kedokteran Internasional, diketahui bahwa semakin banyak pasien yang mengalami masalah pada tulang belakangnya sebagai akibat dari penggunaan ponsel yang terlalu lama.

3. Text Claw

Merupakan rasa nyeri dank kram pada jari, dan pergelangan tangan dan lengan bawah. Gejala ini dapat minimalisir dengan hanya menyentuh ringan pada layar, tidak mencengkram ponsel pintar, dan menjaga postur tubuh karena otot leher dan otot ibu jari terhubung. Dengan menjaga postur tubuh juga dapat mengurangi resiko tech neck yang telah dibahas sebelumnya.

4. Trigger Finger

Dilansir dari Gleneagles.com, Trigger Finger adalah pembengkakan lapisan tendon mengganggu kelancaran gerakan gelincir tendon, menyebabkan nyeri atau rasa terhentak ketika Anda mencoba melenturkan jari Anda, dan jari Anda mungkin 'terkunci' (kaku).

5. Sleep texting

Menurut Dr. Michael Gelb dari universitas New York Sleep texting adalah keadaan yang terjadi saat tubuh dalam keadaan antara bangun dan setengah tertidur, dan dalam kondisi seperti ini saat ponsel anda berbunyi, tanpa anda sadari anda akan melakukan aktifitas dengan ponsel, bisa berupa melakukan panggilan atau mengirim pesan. Gangguan ini dapat menyebabkan otak anda kekurangan istirahat dalam yang jangka panjang dapat mengganggu kemampuan kognitif anda. Ada baiknya saat anda akan tidur letakkan ponsel pintar anda agak jauh dari anda agar anda terhindar dari gangguan ini.

Itulah beberapa gangguan fisiologis yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan ponsel pintar yang dapat kami himpun dari berbagai sumber. Ponsel pintar memang sangat berguna dalam kehidupan kita sehari-hari namun kita juga harus bijak dalam penggunaanya agar dapat meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkannya.