Charles Babbage

Charles Babbage adalah matematikawan dan penemu Inggris yang dianggap berhasil membuat komputer digital otomatis pertama. Charles babbage lahir pada 26 Desember 1791 di London, Inggris. Ia berperan dalam mendirikan Royal Astronomical (1820) dan Statistik (1834). Pada tahun 1812 ia membuat kalkulator kecil yang dapat melakukan perhitungan matematika tertentu hingga delapan desimal.

Tahun 1823 ia memperoleh dukungan pemerintah untuk mendesain mesin yang ia proyeksikan, yaitu Mesin Difference, dengan kapasitas 20 desimal. The Difference Engine selesai di proyeksikan pada tahun 1832. Kalkulator canggih ini berfungsi untuk menghasilkan tabel logaritma yang digunakan dalam navigasi. Nilai angka diwakili oleh posisi roda bergigi ditandai dengan angka desimal.

Selama pertengahan 1830-an Babbage mengembangkan rencana untuk Analytical Engine, pelopor komputer digital modern. Dalam perangkat itu ia membayangkan kemampuan melakukan operasi aritmatika apa pun berdasarkan instruksi dari kartu berlubang, unit memori untuk menyimpan angka, kontrol sekuensial, dan sebagian besar elemen dasar komputer masa kini.

Pada tahun 1843, matematisawan Babbage, Ada Lovelace, menerjemahkan sebuah makalah Prancis tentang Analytical Engine dan, dalam anotasinya sendiri, mempublikasikan bagaimana ia dapat melakukan serangkaian perhitungan, program komputer pertama.

The Analytical Engine, tidak pernah selesai. Desain Babbage terlupakan sampai notebook yang tidak diterbitkan ditemukan pada tahun 1937. Pada tahun 1991, para ilmuwan Inggris membangun Difference Engine No. 2 — akurat hingga 31 digit — dengan spesifikasi Babbage, dan pada tahun 2000 printer untuk Difference Engine juga dibangun.