Carver, George

George Washington Carver  (1864 - 1943), ilmuwan  dan  pendidik  Amerika.  Sangat berjasa karena risetnya dalam bidang ilmu pertanian, dan berperan dalam mengubah drastis pertanian di daerah Selatan AS.

Terlahir sebagai budak di Diamond Grove, Missouri, AS, pada 1864 dan meninggal pada 5 Januari 1943. Ketika berusia sekitar 10 tahun dia meninggalkan tempat kelahirannya dan berkelana di wilayah Midwest melakukan pekerjaan apa saja agar tetap dapat bersekolah. Carver tak pernah berhenti belajar, masuk sekolah dimana pun dia beranda, dan akhirnya lulus SMA di Minneapolis, Kansas, pada 1885. Dia lulus ujian masuk ke Highland College di timur laut Kansas. Tetapi para pejabat sekolah menolaknya ketika tahu dia berkulit hitam.

Pada 1891 Carver masuk ke Iowa state College of Agricultural and Mechanical Arts (kini Universitas Negeri Iowa) di Ames. Dia menjadi orang kulit hitam pertama yang meraih gelar Bachelor of Science di sana pada 1894. Carver kemudian diangkat menjadi asisten untuk mata pelajaran botani disana. Sambil belajar, dia menyelesaikan kuliah tingkat master, mempelajari penyakit jamur dan klastifikasi tumbuhan. Pada 1896 dia meraih gelar master. Tahun itu juga, atas usulan pendidik Amerika Booker T. Washington, Carver diangkat menjadi direkut riset pertanian di Institut Tuskegee.

Selama menjabat di Institut Tuskegee, Carver menemukan lebih dari 300 fungsi kacang, kentang manis, kedelai, dan hasil sampingan tanaman itu. Dari kacang dia membuat pelumas roda, sabun, tinta, tepung, plastic, kopi, dan lebih dari 200 produk berguna lainnya. Dari kentang manis dia menurunkan 118 produk, antara lain sirop gula, cuka, dan karet, dan dari kedelai dia mengkestrak minyak yang banyak gunanya.

Akibat riset Carver, produksi kavang di negara-negara selatan naik empat kali lipat dari 1899 hingga 1943. Dengan menanam kacang dari kentang manis, disamping kapas, petani mampu mengoptimalkan lahan mereka dan tidak terlalu tergantung terhadap satu jenis tanaman saja.

Tidak tertarik pada bisnis, Carver mempersiapkan orang lain mengkomersialkan hasil-hasil eksperimennya. Dari begitu banyak penemuannya. Carver hanya memiliki 3 hak paten. Tujuan utama Carver adalah mengentaskan masyarakat kulit hitam dari kemiskinan. Pada 1940 dia bahkan menyumbangkan uang tabungannya untuk mendiri Yayasan George Washington Carver di Institut Tuskegee yang memberikan beasiswa untuk bidang ilmu alam.

Carver memperoleh banyak perhargaan prestisus asas jasa-jasanya. Dia terpilih menjadi anggota Royal Society of Arts di Inggris pada 1916. Asosiasi Nasional untuk kemajuan Orang kulit warna (National Association for the Advancement of Colored People-NAACP) menganugerahkan Medali Spingarn kepada Carver pada 1923. Pada 1943 Kongres AS mendirikan Monumen Nasional George Washington Carver dekat Diamond, Missouri, di tanah pertanian tempat kelahiran Carver.

Referensi : Ensiklopedi Tokoh Sains