Aplikasi Editing Video Sony Vegas Pro

Di era modern seperti sekarang ini kita tentunya sudah tidak awam lagi dengan adanya film atau video, ya proses terjadinya film itu membutuhkan dan melalui proses yang cukup panjang. Salah satu proses tahapan itu tentunya adalah editing, editing video merupakan tahapan terakhir dalam proses pengerjaan atau pembuatan film atau video. Salah satu software atau aplikasi untuk mengedit video yaitu adalah Sony Vegas Pro. Sony Vegas Pro adalah paket software editing video untuk non-linear editing (NLE) awalnya diterbitkan oleh Sonic Foundry, sekarang dimiliki dan dijalankan oleh Sony Creative Software. Awalnya dikembangkan sebagai editor audio, akhirnya berkembang menjadi sebuah (NLE) untuk video dan audio dari versi 2.0.

Vegas fitur real-time multitrack video dan audio editing pada trek tak terbatas, sequencing video beresolusi-independen, efek yang kompleks dan alat-alat compositing, 24-bit / 192 kHz dukungan audio, VST dan DirectX plug-in efek dukungan, dan Dolby Digital surround sound mixing . Sampai versi 10, Vegas Pro dapat digunakan (compatible) pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Dan untuk versi 11, vegas pro hanya dapat di gunakan (compatible) pada Windows XP, untuk versi 12 adalah 64-bit saja. Sedangkan versi 13nya vegas pro membutuhkan dukungan Windows Vista.

Software pengeditan video memiliki banyak jenis dan berbagai karakteristik pengeditannya. Biasanya digolongkan dalam bentuk :

  • Standart editing.

  Contohnya : ulead, pinnacle studio, power director

  • Semi professional editing.

  Contohnya : sony vegas.

  • Professional editing.

  Contohnya : adobe premiere, avid, pinnacle liquid.

 

Sony vegas kemudian disebut vegas, merupakan software video editing yang dikeluarkan oleh sony pictures digital Inc. Vegas sudah mendukung :

  • Multi track untuk track audio dan video.
  • Metode pengeditan nonlinear.
  • Multichannel dalam mixing dan perekaman audio.
  • Mampu membuat surround pada suara video.

Dengan daya dukung tersebut di atas, vegas dapat menghasilkan video dengan efek 3 dimensi (3D) dan pada audio dapat menghasilkan suara berkualitas 5.1 surround. Vegas juga dilengkapi dengan fasilitas network rendering yang biasa digunakan pada produksi video yang sangat banyak mengandung animasi dan efek, sehingga penggunaan network rendering lebih banyak digunakan pada produksi video berskala besar.

Pada pengeditan video, vegas dapat mendukung penggunaan script sebagai automation editing ataupun efek dalam pembuatan proyek video. Bahasa pemprograman yang digunakan adalah javascript dan visual basic script. File project yang dihasilkan oleh vegas akan berakhiran *.veg.

Dengan demikian pemilihan vegas sebagai editor video dapat memberikan kebebasan dalam berkreasi membuat video tanpa memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi namun dapat memberikan bentuk pengeditan yang bagus dengan kinerja software yang ringan.

Pengertian dan Sejarah Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro adalah sebuah software khusus untuk video dan audio editing. Saat ini Sony Vegas Pro bukan menjadi tandingan Adobe Premire, sementara Sony Vegas Pro memang belum sepopuler Adobe Premire yang didukung begitu banyak plug-in. Selain itu, Sony Vegas Movie Studio juga merupakan program video editing yang powerful dan membuat DVD yang berkualitas yang mana selalu diberikan oleh Sony untuk banyak produk.

Dengan program ini memberikan dimensi baru untuk home movies mereka yang menggunakan program ini, dengan banyaknya pilihan fitur sehingga Anda dapat membuat video berkualitas secara professional, termasuk transisi, judul dan efek khusus termasuk type efek dalam green screen employess yang selalu ada dalam suatu film.

Dengan Sony Vegas Movie Studio dapat menggambar dengan tool yang bermanfaat seperti zoom, rotation dan kemampuan untuk melihat foto dalam format widescreen yang memungkinkan film untuk bergerak meskipun berupa gambar, memungkinkan format film dalam kecepatan tinggi, yang mana kemudian Anda dapat berbagi terhadap situs web seperti YouTube atau MySpace, atau jika Anda lebih senang terukir dalam bentuk DVD, dimana Anda dapat membuat menu yang bergerak dan navigasi sendiri.

Disamping kemampuan untuk membuat soundtracks Anda sendiriuntuk suatu video, termasuk lebih dari 40 template untuk berbagai menu yang berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebuah program yang luar biasa yang akan memenuhi semua kebutuhan user yang sudah professional dan amatir untuk membuat dan mengedit video. Ini hanya berlaku dalam bahasa Spanyol tetapi penulis web telah memberlakukannya dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis dan Japanese.

Kelebihan vegas pro

  • User friendly (cocok untuk pemula)

Menurut saya aplikasi Vegas pro inilah yang sangat cocok digunakan untuk pemula, karena disamping fitur yang terbilang lengkap, penyusunan menu tools sangat rapi dan tidak membuat bingung bagi para pemula.

  • Tidak membutuhkan spek tinggi

nah ini yang biasanya menjadi kendala bagi setiap editor video. kebanyakan apliksi editor video menawarkan minimum spek yang tinggi seperti harus ram 4 GB dll.

  • Memiliki banyak jenis render template

Sony vegas juga memiliki banyak pilihan render template seperti internet 480p, internet 720p dll, sehingga video yang dihasilkan dapat disesuaikan menurut kebutuhan. ohya render itu adalah mengekspor video hasil editan dari vegas pro menjadi video biasa dengan format yang disesuaikan(diinginkan).

  • Memiliki fitur drag n drop

fitur drag n drop sendiri dapat mempercepat proses kenerja kita dalam mengedit video, maksud dari fitur ini adalah kita dapat mngambil(drag) video/foto/music dari explorer  windows lalu membawanya ke aplikasi sony vegas(drop)

Kekurangan Vegas Pro

  • Tampilan review video kecil

Tampilan layar untuk mereview video yang sedang kita edit bisa dibilang cukup kecil atau pas-pasan, jadinya video agak sedikit susah untuk diedit.

  • Memerlukan aplikasi Apple Quick time 7

Aplikasi Apple Quick time ini berfungsi agar dapat memasukkan video dengan format tertentu ke vegas pro untuk diedit. Jadi, misalnya anda mendapatkan error seperti tidak dapat memasukkan video ke vegas pro, itu berarti di pc anda belum terinstal Apple Quick time 7.

  • Tidak memiliki kemampuan MIDI

Salah satu kelalaian besar dari Vegas adalah Audio multitrack NLE, ia tidak memiliki kemampuan MIDI sama sekali. (Terlepas dari kontrol-meja dan sinkronisasi.) Ini membatasi penggunaannya untuk produksi Audio, fokus produk pada pasca produksi, pasar Video NLE saja.

Dengan menggunakan software vegas yang memiliki kelebihan yang telah diuraikan diatas tentu saja kita dapat membuat sebuah karya maupun media pembelajaran berbasis audiovisual yang menarik. Apabila dicermati, penggunaan media pembelajaran berbasis audiovisual didalam kelas mendapat respon yang sangat baik oleh siswa. Begitulah ulasan singkat tentang Sony Vegas Pro.