7 Hal yang dapat Membuang Waktu Kerja

sama-sama bekerja 8 jam sehari. Tapi pencapaian yang diperoleh setiap orang bisa berbeda-beda. Salah satu penyebabnya adalah waktu yang tidak dipergunakan dengan efektif. Akibatnya, pekerjaanpun banyak yang tidak selesai. Berikut ini hal-hal yang biasanya paling bisa membuang waktu bekerja di kantor sehingga waktu tidak efektif lagi.

1. Internet

Ada pekerjaan yang mutlak membutuhkan internet atau bahkan berselancar di internet memang adalah tugasnya. Tapi, tidak selalu internet memperlancar pekerjaan kita, bisa juga kita justru banyak membuang waktu karena internet Solusi yang bisa kita lakukan adalah disiplin diri, gunakan skala prioritas dan gunakan fitur misalnya bookmark untuk menandai situs yang berguna sehingga lebih menghemat waktu saat searching, cari rumus-rumus jitu untuk melakukan searching.

2. Tamu tak diundang

Agenda kita bisa berantakan hanya gara-gara ada tamu tak diundang yang tiba-tiba datang sehingga terpaksa harus anda temui, karena itu ada baiknya anda informasikan pada para tamu supaya lebih dahulu membuat janji sebelum datang.

3. Mengobrol dengan rekan

Rekan kantor adalah orang yang akan paling banyak kita temui dalam sehari bekerja. Membina hubungan dan komunikasi yang baik jelas sangat penting dilakukan. Namun perhatikan juga bagaimana berkomunikasi atau obrolan itu dilakukan. Manfaatkan jam-jam istirahat atau masa senggang lain untuk menjalin komunikasi, jangan justru menggunakan jam istirahat untuk berinternet ria lalu baru mengobrol saat jam kerja.

4. Perencanaan yang buruk

Jika di pagi hari kita tidak tahu apa yang akan dikerjakan selama hari itu, maka jangan harap kita bisa memakai waktu dengan efektif. Gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan. Catat agenda kita untuk hari itu setiap pagi sebelum memulai aktivitas, Sempatkan waktu untuk merefleksi diri dan berdoa sejenak, jangan biasakan datang terlambat atau datang ke kantor pada detik-detik akhir karena itu membuat kita akan memulai hari dengan terburu-buru sehingga tak bisa merancang agenda hari itu dengan baik

5. berantakan

Perhatikan ruang kerja atau meja kerja kita. Jika dimana-mana banyak berserakan kertas atau map-map berkas tak teratur, itu jelas-jelas akan memakan waktu saat harus mencari-cari mana yang kita perlukan. Perhatikan juga system pengarsipan di computer kita, Apakah kita sering bingung bahkan lupa dengan nama-nama file saat kita membutuhkannya? Solusi untuk hal ini jelas rapikan dan atur file-file maupun arsip-arsip elektronik maupun fisik agar kita tidak kesulitan sendiri saat mencarinya

6. Gadget

Perkembangan teknologi gadget sekarang ini sangat pesat. Hampir tak ada orang yang sekarang ini tidak mempunyai ponsel. Sekedar membalas SMS atau sapaan di chat messenger mungkin hanya butuh waktu sekian menit, tapi tak jarang juga bisa membuyarkan konsentrasi yang sudah dibangun. Bijaklah memakai gadget

7. Perfeksionis

Saat berangkat kantor kita ingin tampil dengan menawan dan sempurna. Sebelum melakukan sesuatu kita berusaha agar segala sarana dan prasarana bukan hanya berjalan baik, tapi juga menampilkan yang sangat baik, itu tentu saja sikap yang baik, Tapi jangan sampai demi tampil baik, lalu kita terjebak menjadi seorang perfeksionis yang tak pernah puas. Ya, tak jarang perfeksionisme justru mengubah seseorang menjadi seorang penunda. Maka hati hatilah jika kita mulai susah puas dan susah menghargai jerih payah diri sendiri ( Pak Moel)

disarikan dari : Spiritual life for profesional job