6 Barang Yang Hampir Punah Karena Tergantikan Oleh Smartphone

Perkembangan Teknologi yang secara pesat dan terkait IoT (Internet of Things) sangat memudahkan hidup kita. Bahkan saking mudah dan praktisnya Teknologi saat ini, beberapa hal yang dulu sering kita gunakan dalam berbagai aktifitas, terancam punah karena tergatikan oleh Smartphone. Berikut adalah 6 barang yang hampir punah karena tergantikan oleh smartphone.

1. Buku catatan

Mungkin di Sekolah masih menggunakan buka, tapi coba kalian liat di kantor? Berapa banyaksih yang masih menggunakan buku untuk nyatet beberapa catatan penting. Ya, sekarang kebanyakan orang membuat catatan menggunakan Notes, Evernote (sebuah aplikasi catatan dismartphone). Alesannya adalah supaya tidak perlu menyimpan berlembar-lembar kertas. Selain itu juga buku menambah beban barang bawaan dan juga riskan rusak. Dengan menggunakan Notes, Evernote membuat catatan bisa dibuka kapan saja dan dimana saja.

2. Koran

Dulu koran bisa dibilang sumber informasi utama bagi masyarakat. Sekarang, koran sudah mulai digantikan perannya dengan berbagai macam website berita yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Media-media ternama yang bergerak dibidang koran pun sudah menyadarinya, dan mulai lebih memperhatikan layanan berita online serta aplikasi mereka untuk menyajikan berita.

3. Surat

Sejak ada internet, surat konvensional sudah mulai tergantikan oleh email. Bahkan ucapan hari raya pun sekarang disebar menggunakan SMS Whatsapp, BBM, Line, pesan Facebook, dan yang lainnya. Komunikasi dengan kerabat jauh juga semakin mudah dan murah dengan banyaknya aplikasi chatting dan media sosial di smartphone.

4. Televisi

Dulu, memiliki TV merupakan suatu kebanggaan, karena dengan ini kamu akan mendapatkan banyak berita yang informatif. Selain itu, di TV juga sering ditayangakan konten hiburan, baik itu kartun, sinetron, hingga acara musik. Mungkin sekarang kalian sudah tidak lagi nonton TV. Mungkin kalian lebih suka streaming youtube atau bahkan jika ingin menonton TV pun bisa memilih streaming chanel TV yang kalian inginkan.

5. Album foto

Sejak kenal dengan instagram, facebook, foto-foto kenangan bersama teman semasa sekolah, semuanya di-upload kesana. Dan sejak ada smartphone yang dibekali camera, mungkin kalian sering mendokumentasikan setiap moments, dan menyimpannya di album camera. Bahkan mungkin salah satu dari kalian ada yang langsung meng-upload foto tersebut ke Instgram atau Facebook.

6. Walkman

Masih ingat dengan Walkman? Bagi kamu yang lahir tahun 90an, pasti pernah merasakan indahnya menggunakan Walkman. Pada tahun tersebut, Walkman merupakan sebuah alat pemutar musik yang bisa dibawa kemana-mana dan tergolong barang mewah. Kini diera IoT, dimana smartphone dan internet serta alat-alat penyimpanan mulai berkembang kalian bisa memutar musik melalui smartphone. Bahkan kalian bisa men-download secara l ng dan menyimpan musik dalam jumlah banyak di gadget.