5 WEBSITE YANG MUNGKIN BERGUNA DAN BISA GANTIKAN SOFTWARE-MU DI KOMPUTER

Software yang mungkin berat, memakan memori yang besar, bahkan membuat komputermu lemot. Ternyata tak perlu menginstall software di komputer, kini banyak website yang sudah sedemikian “powerfull”, sehingga mampu menggantikan software yang sudah kamu install sebelumnya. Bermodalkan kuota internet saja, komputer pun menjadi lebih “lega” dan tak terlalu berat memorinya.  Berikut ini 5 contoh website yang berguna, dan cukup mampu membuatmu meng-uninstall software-software yang ada di komputermu:

WeVideo

Siapa yang menyangka ada website untuk mengedit video secepat dan selengkap WeVideo. Editor video yang sejak dulu mempunyai kesan lambat, tak terlihat lagi di website ini. Inilah yang membuat WeVideo mendapat penghargaan dari TechDigest sebagai Cool Tool dan Trendsetter Website di tahun 2017.  Jadi jelas, WeVideo sangat bisa menggantikan Adobe Premiere Pro ataupun Cyberlink PowerDirector. Walaupun, kamu harus membayar langganan untuk akun tipe bisnis, dan tool trial untuk akun tipe pendidikan. Ini bisa membantu siapa saja dalam menangkap dan mengedit video. Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya dikembangkan untuk membantu Anda dalam membuat film pendek yang mengesankan, slideshow, dan kumpulan foto-foto yang menghasilkan cerita, sehingga bisa dibagikan di berbagai sosial media favorit Anda. WeVideo sangat mendukung dan memudahkan untuk mempublikasikan video yang Anda miliki. Terdapat juga kemudahan dalam memberi judul video ketika di awal video, dimana fiturnya otomatis diatur berdasarkan tampilan tema yang sudah dipilih sebelumnya. Namun, judul ini tidak bisa dikontrol kapan muncul dan hilangnya.

Prezi

Mungkin sudah banyak yang tahu. Bila kita bosan dengan format presentasi PowerPoint, maka website Prezi bisa menjadi alternatif yang bukan hanya lebih indah, tetapi kompatibilitasnya pun terjamin. Prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS). Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi menjadi unggul karena program ini menggunakan en:Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi mereka. Prezi menyediakan satu stage yang tidak terbatas luasnya untuk kita berkreasi menghasilkan slideshow presentasi yang menarik. Dengan platform yang berdasarkan flash, maka kita merasakan fungsi-fungsi yang ada menjadi sangat dinamik dan interaktif. Kita dapat memasukkan berbagai gambar, lagu bahkan video kedalam presentasi kita dengan mudah. Selain itu, kita diberikan kebebasan sepenuhnya untuk berkreasi mengenai pergerakan slide satu ke slide berikutnya. Bisa transisi secara zoom in/out, perputaran, dan lainnya. Karena prezi adalah berdasarkan stage. Maka kreasi slide yang dihasilkan pastilah sangat efektif dan menarik bagi pembaca.

 

 

 

Virus Total

Salah satu website tool yang tergabung dengan grup Google ini berfungsi sebagai scanner virus. Bernama Virus Total, website ini  bisa menggantikan software anti-virus milikmu di komputer bila kamu rajin men-scan virus secara manual saat mendownload file atau mengunjungi url. Saat aktif berinternet, PC atau laptop kita rentan kemasukan virus atau program mencurigakan dari luar. Salah satu cara untuk melindungi PC dari virus, malware, atau berbagai jenis worm yang ada di aplikasi atau website semacam itu adalah dengan men-scan file kamu dengan berbagai program antivirus yang kita miliki. Nah, dengan bantuan web aplikasi Virus Total, kamu bisa menscan berbagai aplikasi antivirus cukup dengan sekali klik. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak aplikasi Antivirus di PC kamu. Dengan Virus Total, kamu cukup ‘menanyakan’ status website yang mencurigakan atau memeriksa file aplikasi yang barusan kamu download. Virus Total bisa dimanfaatkan secara gratis untuk menganalisis file-file dan URL mencurigakan. Aplikasi ini memungkinkan untuk mengidentifikasi virus, worm, trojan dan berbagai konten mencurigakan yang terdeteksi oleh mesin antivirus dan web analisis ini

Online Convert

Sebenarnya di internet banyak tersedia peralatan converter di berbagai website. Tetapi rasanya tidak ada yang bisa selengkap Online Convert. Bahkan, di website ini kita bisa melakukan lintas konversi, semisal format MOV menjadi format gambar JPG, dan lain sebagainya.  Ini efektif untuk menggantikan aplikasi seperti Format Factory atau software sejenisnya. Online Converter memiliki fitur yang cukup lengkap untuk mengubah berbagai jenis file. Sebagaimana yang kamu saksikan, kamu bisa menemukan Audio Converter, Video Converter, Image Converter, Document Converter, Ebook Converter, Archive Converter dan Hash Converter dalam website ini. Jadi kamu tidak perlu lagi khawatir bila ada file tipe tertentu yang ingin kamu ubah ke format lain

Pixlr

Kalau website yang ini, bisa dibilang sangat mampu menggantikan editor foto seperti Adobe Photoshop. Selain karena ringan dan lengkap, website ini 100 persen gratis! Pixlr Editor merupakan sebuah editor foto gratis yang dapat diakses secara langsung melalui peramban Anda. Ia dilengkapi dengan sederet penuh fasilitas pengeditan yang mungkin diharapkan orang. Dengan Pixlr Editor tidak lagi diperlukan untuk mengunduh apa pun. Beberapa dari fasilitasnya adalah alat pengabur, alat pengganda, alat gambar, penurun mata merah, alat penajam, dan alat pemulih titik. Ia menawarkan filter gambar seperti pengabur Gaussian blur, pendar glamor, peniru HDR, desau, penggeseran miring, vinyet, dan itu baru contoh kecil saja. Semua filter tersebut dapat dipakai dari sebuah peramban web yang diperlengkapi dengan Pixlr Editor. Editor foto yang lebih mahir akan menemukan bahwa Pixlr juga menawarkan sejumlah fasilitas lebih canggih yang memungkinkan pengguna menyesuaikan corak warna, kejenuhan, kecerahan, dan kontras. Juga dapat mengubah kurva, proses melintang, dan level. Cukup dengan menambahkan program ini ke peramban dan mulai menggunakan secepatnya. Pixlr Editor adalah pilihan pertama ketika tiba waktunya untuk mengedit gambar secara online dan sepenuhnya program pengedit foto yang paling hebat yang ada.