Baca Artikel

Kategori: Info Teknologi

Tips Cegah Penularan Virus dari Flashdisk ke Komputer

Blog Single

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan favorit dari banyaknya pengguna komputer atau laptop. Bukan hanya karena praktis, tetapi juga kapasitas flashdisk sekarang ini sudah menyamai harddisk atau harddrive. Namun tidak jarang juga, flashdisk menjadi senjata makan tuan. Selain memberi manfaat tetapi juga dapat menyebabkan masalah yaitu saat flashdisk terinfeksi virus dan justru menjadi media atau sarana untuk menularkan virus ke komputer kita. Pastinya membuat kita jengkel, apabila komputer atau laptop kita awalnya bersih dari virus, malware, dan sejenisnya, tiba-tiba tanpa disadari komputer kita sudah tertular virus akibat flashdisk. Virus ataupun malware yang ditularkan melalui flashdisk dapat memiliki bermacam – macam kharakteristiknya. Tentunya yang paling kita takutkan yaitu kehilangan data – data penting yang tersimpan di komputer kita.

Maka dari itu kita harus melakukan beberapa pencegahan agar komputer kita terhindar dari penyebaran virus via flashdisk, berikut beberapa tips untuk mencegah virus menular lewat flashdisk ke komputer kita.

Langkah Pencegahan Pertama, Mematikan Auto Play

Pada saat kita menghubungkan flashdisk ke USB komputer atau laptop, maka secara default windows akan langsung membuka fungsi Auto Play. Banyak sekali virus yang menggunakan fungsi Auto Play ini untuk menyebarkan diri mereka dan kemudian akan menginfeksi komputer kita. Maka dari itu kita bisa mematikan fitur tersebut. Ikuti Langkah – langkah berikut untuk menonaktifkan fungsi Auto Play.

  1. Klik Start –> run “gpedit.msc”
  2. Pilih Computer Configuration –> Administrative Templates
  3. Lalu Pilih System, cari file Turn Off Auto Play dan klik double
  4. Lalu centang pilihan enabled dan Turn Off Auto Play pilih All Drive
  5. Lalu klik OK, Tutup dan restart komputer

Langkah Pencegahan Kedua, Mengaktifkan User Guest

Ada cara lain untuk meminimalisir virus masuk ke dalam komputer yaitu dengan mengaktifkan User Guest dan selalu login dengan User Guest tersebut, dengan kita masuk sebagai user maka secara tidak langsung kita akan mematikan fungsi registry, karena virus akan selalu menginfeksi file registry ini dan merubah value di dalamnya.

Langkah Pencegahan ke Tiga, Memasang Software Antivirus untuk Flashdisk

Setelah mengikuti cara-cara sebelumnya, kita bisa melakukan pencegahan yang lainnya yaitu dengan memasang antivirus, antivirus memang merupakan sebuah kebutuhan bagian yang paling penting dari komputer ataupun laptop, Flashdisk pun juga dapat dipasang antivirus. Bagi kalian yang ingin Flashdisk dilindungi dan berisi antivirus silahkan download software antivirus untuk flashdisk kemudian ikuti prosedur pemasangannya. Selain menginstall antivirus untuk flashdisk, penulis sarankan untuk memasang antivirus atau anti malware di komputer kita serta selalu membackup data – data penting di media penyimpanan yang lain. (juni)

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"