Baca Artikel

Kategori: Pengetahuan Umum

SERBA SERBI MENGENAI PDF

Blog Single

Pernahkah anda menggunakan sebuah file berformat/berekstensi *.pdf ? Saya yakin 90% para pengguna komputer juga internet pasti pernah menggunakan jenis file yang satu ini. Lumrah orang-orang disekitar saya menyebut file dokumen ini sebagai e-Book (electronic book), ya memang tidak ada salahnya karena file pdf memang salah satu jenis dari e-Book, akan tetapi jangan anda salah sangka jika menganggap hanya file pdf lah yang disebut e-Book. PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. Diciptakan oleh Adobe Systems di tahun 1993, namun dibuka untuk public pada tahun 2008.

PDF awalnya diciptakan untuk membaca dokumen, bukan untuk mengedit. Ini banyak membuat frustasi karena banyak kebutuhan merubah file sumber. Seperti dikutip dari situs wikipedia: PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008. PDF popular untuk membaca dokumen karena layout dokumen yang tidak akan berubah-ubah diperangkat manapun. 

PDF kompatibel di semua operasi, mulai dari Windows, Unix, Mac, Android, iOS, BlackBerry, dan beberapa lainnya. Dari segi penulisan, Word, lebih baik karena mengedit file PDF cukup ribet. PDF adalah file 7-bit ASCII, kecuali beberapa elemen yang memiliki konten biner. Sebuah File PDFdimulai dengan header berisi nomor tersebut dan versi format, contohnya %PDF-1.7. Format PDF ini sering digunakan dalam administrasi perkantoran terkait kemudahannya. Meskipun ketika awal-awal rilisnya, format ini kurang diminati karena mereka memang kalah bersaing dengan produk pendahulunya yaitu Microsoft Office, namun karena PDF memiliki fitur yang dapat memudahkan penggunanya untuk mengarsipkan dokumen tersebut menjadikan PDF hingga saat ini, mereka menjadi semakin banyak digunakan. Bahkan aplikasi yang digunakan untuk mengakses format PDF yang ada pun tidak hanya Adobe Reader saja, ada juga Foxit Reader, Adobe Flash, Nitro PDF dan lain sebagainya.

1. Kelebihan PDF

  • Format populer; PDF dapat dibuka di perangkat apa pun dengan sistem operasi apa pun dalam bentuk yang persis sama dengan yang dibuatnya.
  • Mudah dilihat dan digunakan; Adobe Acrobat Reader sering diinstal terlebih dahulu pada komputer Anda dan sepenuhnya gratis.
  • Hemat Space; PDF hanya membutuhkan sedikit ruang pada hard drive Anda, karena mendukung berbagai algoritma (baca pengertian algoritma disini) kompresi gambar.
  • Fleksibel; Para pengguna dapat menyesuaikan pengaturan keamanan, misalnya, seperti melarang pencetakan perbanyakan atau pengeditan. Format ini juga memungkinkan menggunakan electronic sign atau tanda tangan elektronik untuk menentukan keaslian dokumen

2. Kekurangan PDF

  • Mengedit PDF tidak Mudah; Tidak bebas mengedit file PDF, Anda mungkin harus memerlukan software khusus yang (biasanya) berbayar.
  • Sulit untuk bekerja dengan teks dalam File PDF; Mengapa? Ya! Karena file PDF ini sering dianggap sebagai gambar hanya konversi yang sudah di set sebagai teks yang dapat mengubah pendeteksian tersebut agar tidak menjadi seperti gambar.

 

 

 

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"