Baca Artikel

Kategori: Info Teknologi

Mulai 1 April 2021, Google Meet Gratis Bakal Dibatasi Durasinya Menjadi 60 Menit

Blog Single

Sejak menyebarnya pandemi COVID-19 di seluruh dunia telah memaksa banyak pekerja dan pelajar untuk tetap bekerja dan belajar dari rumah baik itu mengadakan pertemuan atau meeting secara online saja. Ini membuat banyak aplikasi online meeting atau web conferencing seperti Zoom, Skype dan kini Google Meet menjadi pilihan banyak orang untuk tetap terhubung.

Surat edaran yang menyatakan karyawan untuk dapat bekerja dari rumah saja atau work from home ini bertujuan untuk meminimalisir dan memutus rantai penyebaran coronavirus. Sehingga tidak heran kalau pemakaian jaringan internet saat ini melonjak banyak dari penggunaan normal sebelum adanya pandemi yang semakin merebak ini.
Tentu saja banyaknya orang yang juga berselancar dan melakukan pekerjaan secara online turut mengganggu kelancaran konferensi online. Maka dari itu banyak yang mencari alternatif dengan menggunakan berbagai macam aplikasi agar mereka tetap dapat berhubungan dan menyampaikan rapat tanpa terputus- putus. Salah satunya adalah Google Meet.

Mengenal Apa itu Google Meet?
Google Meet adalah produk dari Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini adalah salah satu dari 2 aplikasi yang merupakan versi baru dari versi terdahulunya yaitu Google Hangouts dan Google Chat. Pihak Google sendiri telah menghentikan versi klasik Google Hangouts pada Oktober 2019 silam.

Sampai hari ini, pengguna gratisan platform Google Meet masih bisa menikmati layanan video conferencing grup secara cuma-cuma dengan waktu yang tidak terbatas alias unlimited hingga 24 jam. Namun, benefit ini akan segera hilang dalam beberapa waktu ke depan. Pasalnya, Google akan membatasi durasi telekonferensi video grup di Meet bagi pengguna gratis, alias yang tidak berlangganan menjadi 60 menit per sesi. Dalam keterangan di laman pricing Meet, pengguna gratisan hanya dapat menikmati layanan video conferencing unlimited hingga 31 Maret 2021 mendatang. Artinya, mulai 1 April 2021, pengguna yang tidak berlangganan hanya bisa melakukan panggilan video grup berdurasi satu jam (60 menit) per sesi, dengan peserta maksimum hingga 100 orang.

Kendati durasinya dibatasi, Google masih tidak memberikan batasan pada jumlah sesi video conferencing yang dapat dilakukan pengguna gratisan dalam sehari.
Dengan kata lain, pengguna gratisan masih bisa membuat sesi telekonferensi video lagi jika durasinya habis, sebanyak maksimal 24 kali dalam satu hari.
Selain itu perlu dicatat juga bahwa durasi video teleconferencing one-on-one atau dengan peserta maksimum dua orang, masih dapat menikmati layanan panggilan video unlimited hingga 24 jam.

Dengan pembatasan durasi telekonferesi video grup ini, Google akan bergabung dengan Zoom yang melakukan hal serupa. Zoom sendiri membatasi durasi video conferencing grup 40 menit per sesi bagi pengguna yang tidak berlangganan. Sedangkan untuk one-on-one, Zoom juga memberikan layanan unlimited untuk pengguna gratisan.

Sudah pernah diperpanjang 

Dengan pembatasan durasi ini, benefit melakukan video conferencing grup unlimited 24 jam hanya dapat dinikmati oleh para pengguna premium platform Meet.
Sebenarnya, Google berencana mencabut benefit layanan video conferencing unlimited bagi pengguna gratisan ini pada 30 September 2020 lalu. Namun sehari sebelum tenggat 1 Oktober, Google berubah pikiran dan memperpanjang kebijakan fitur Premium unlimited pada pengguna gratisan hinga akhir Maret 2021.

Langkah ini diambil Google karena pihaknya memprediksi bahwa layanan video telekonferensi Meet bakal sering dipakai menjelang momen liburan akhir tahun, misalnya untuk reuni keluarga atau acara pernikahan.

Selain itu, karena kegiatan belajar mengajar yang kini juga digelar secara jarak jauh, pertemuan antara guru dan orang tua siswa juga kerap digelar secara online. Belum diketahui apakah Google akan tetap memberlakukan pembatasan durasi ini sesuai tenggat waktu atau justru berubah pikiran dan kembali memperpanjang benefit video conferencing unlimited bagi pengguna gratisan. Kita lihat saja!

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"