Baca Artikel

Kategori: Pojok Inspirasi

Milikilah Self Efficacy, Modal Berprestasi Bagi Pribadi Tangguh

Blog Single

Percayalah pada diri sendiri. Terdengar sangat klise dan membosankan, ya? Seumur hidup kita, lontaran perkataan itu pasti sudah tak terhitung jumlahnya, entah dari teman, orang tua, dari tagline berbagai iklan produk, maupun dari musik atau film. Walau demikian, siapapun kita, dan pada kegiatan apapun, pasti pernah merasakan ketidakyakinan, yang terjadi saat menjadi siswa/ mahasiswa cemas menempuh ujian akhir semester atau sebagai seorang pekerja yang harus mengerjakan banyak hal besar demi menyelesaikan tuntutan harian. Mau tak mau kita harus percaya pada kemampuan diri sendiri dan dengan begitu bisa berhasil. Tapi apakah betul percaya diri hanya pada satu pernyataan kosong yang terus-terusan diulang dalam hidup kita?

Di sinilah self efficacy dibutuhkan. Self efficacy ialah tingkat kepercayaan seseorang pada kemampuan dirinya sendiri dalam melakukan sesuatu. Self efficacy juga merujuk pada niat dan pandangan pribadi seseorang akan masa depan. Aspek psikologis ini, jika dimiliki dalam tingkat tinggi oleh seseorang dapat membantu mengubah hasil akhir dari pencapaiannya. Karena berhubungan dengan perspektif diri, self efficacy yang tinggi dapat berpengaruh pada ketahanan mental seseorang, seperti berapa banyak dan jauh usaha yang dikeluarkan serta berapa lama usaha tersebut dapat dipertahankan, terlebih saat diterjang berbagai masalah lain.

Pada bagian ini, self efficacy ini dapat diaplikasikan pada seorang mahasiswa yang sedang menjalani masa studinya. Dalam perjalanan menyelesaikan studi, masalah dan rintangan di dunia akademis perlulah diantisipasi. Mahasiswa harus mampu menerima hambatan sembari menjaga keadaan emosionalnya agar tidak terhanyut dalam kegagalan dan pesimisme lalu beradaptasi sesuai dengan hambatannya, dan di tengah semua kekacauan itu mahasiswa harus terus mengeluarkan usaha agar tuntutan dapat dipenuhi serta tujuan tidak melenceng keluar jalur. Apakah ia bisa memandang dan berhasil mengubah keadaan di sekitarnya atau tidak

Self efficacy yang tinggi memang bukan solusi satu-satunya mengatasi berbagai masalah di sekolah/ perkuliahan, pekerjaan, dan kehidupan, tetapi dapat dikatakan bahwa dengan memiliki self efficacy yang tinggi, ada satu keyakinan kuat untuk terus berusaha mencapai keberhasilan dalam proses menjalani dan menyelesaikannya masalah kehidupan yang sering kali datang bertubi-tubi. Apakah kita sudah merasa belajar dan bekerja mati-matian tetapi masih mendapatkan hasil yang mengecewakan? Mungkin kita tidak benar-benar percaya bahwa kita bisa, sehingga usaha kita tidak benar-benar maksimal karena tidak menaruh upaya penuh. Percayalah pada kemampuan diri kita sendiri. Ungkapan tersebut klise, memang sudah banyak dibahas, tetapi dapat membantu dalam perjalanan jangka panjang hidup kita jika dilakukan dengan niat dan keyakinan yang benar.

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"