Baca Artikel

Kategori: Pengetahuan Umum

E-learning : Moodle, Edmodo & Schoology

Blog Single

Di dipungkiri atau tidak sekarang anak-anak kita sudah hidup di jaman teknologi informasi, apa pun yang dibutuhkan dan yang ada disekeliling kita sudah menggunakan teknologi. Untuk berhitung anak-anak sekarang lebih suka memilih calculator daripada sempoa. Ingin menggambar, tidak mantap kalau tidak menggunakan komputer. Melihat kakaknya memakai media jejaring sosial, anak tidak mau kalah menggunakan facebook, ketika anak memerlukan sesuatu yang mendesak dan butuh bantuan orang lain cukup menggunakan sms atau handphone. Si anak lupa tidak tahu jadwal atau tugas rumah dari gurunya cukup me-tweet gurunya, maka jadwal tugas pun sudah bisa didapat si anak, tidak perlu harus pergi jauh jauh ke rumah gurunya yang mungkin jaraknya puluhan kilometer dari rumah tinggalnya.

Disisi lain perkembangan perusahaan IT baik di Indonesia dan di dunia sudah jauh mengalami lompatan teknologi mulai dari pemanfaatan internet secara lokal, intranet sampai dengan pemanfaatan WiMax untuk perusahaan dan pendidikan dan pemanfaatan cloud computing di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam dunia pendidikan ada sebuah trend yang sedang berjalan saat ini yakni model pembelajaran jarak jauh atau sering kali disebut dengan e-learning.

Sebagai mana dikutip dari Wikipedia, e-learning : “Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.” Merupakan cara baru dalam pembelajaran, tidak selalu duduk di depan kelas dan mendengarkan guru berceramah.

Sekarang banyak sekolah dan institusi pendidikan yang memanfaatkan e-learning untuk pendidikan menggunakan aplikasi populer semacam Moodle, seperti yang dikembangkan oleh BTKP DIY melalui portal JogjaBelajar yang menjadi sarana pembelajaran elektronik untuk siswa siswi di DIY. Selain menggunakan Moodle yang diterapkan di portal Jogja Belajar kita juga bisa menggunakan portal e-learning yang online yakni segala aktivitas dan pengelolaannya secara online menggunakan internet. Penulis ketika surfing di internet membaca dari sebuah artikel menarik yang berguna untuk pembelajaran e-learning yakni ada 2 situs e-learning berbasis Moodle, bisa dilihat di situs edmodo.com dan schoology.com kedua situs ini menyajikan halaman e-learning untuk pembelajaran, siswa bisa mengunduh materi pelajaran dari guru dan mengupload langsung tugas atau materi yang  diberikan guru.

Di kedua situs e-learning ini, disyaratkan guru membuat Group terlebih dahulu dan membuat kelas virtual sesuai pelajaran yang diinginkan, apabila sudah terbentuk Group maka nantinya para siswa bisa Join atau bergabung di Group ini seolah-olah menjadi kelas virtual karena bisa dilakukan dari kediaman masing-masing baik guru atau siswa. Aplikasi Moodle sangat kental di situs ini, artinya bila kita telah biasa menggunakan Moodle maka melihat situs e-learning ini tidak akan terlalu lama mempelajarinya, sangat mirip juga dengan jejaring sosial facebook.

Di situs ini siswa bisa juga mengirimkan hasil karya atau portofolio dan bisa tersimpan di Group siswa masing-masing, jika sewaktu-waktu ingin ditampilkan atau diunduh tinggal login dan mengakses halaman ini. Bisa juga guru membuat ruang diskusi di situs ini dan mengajak siswa nya belajar bersama tidak harus dari kelas, dapat dilakukan dari rumah masing-masing. Untuk siswa yang aktif dan berprestasi misalnya dapat diberikan penghargaan di forum ini berupa sebuah “Badge” atau ikon tertentu yang menerangkan siswa bersangkutan punya semacam record yang bisa dinilai sehingga layak diberi identitas berupa badge dengan corak dan profil yang tentunya menarik buat anak-anak.

Tidak ada salahnya kita mencoba mengunjungi halaman ini, mempelajari dan menerapkan hal yang baik untuk anak didik kita, ingat bahwa anak didik kita sekarang tinggal di era teknologi informasi, sebagai guru atau pembimbing tidak ada salahnya apabila berusaha memberikan yang terbaik buat anak didik kita yang kelak akan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan di era yang jauh lebih maju teknologi informasinya. Selamat mencoba dan berinovasi !

Oleh :
F. Ari Setyawan
SD Lempuyangwangi

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"