Baca Artikel

Kategori: Info Teknologi

CANGGIH, ALAT PENCUCI TANGAN YANG MEMBIMBING PENGGUNANYA

Blog Single

Sudahkah anda menerpakan prosedur cuci tangan yang baik dan benar sesuai anjuran dari Pemerintah maupun WHO? Masih banyak Orang yang tidak menerapkan anjuran prosedur cuci tangan yang baik dan benar sehingga hanya sekedar asal-asalan saja sampai - sampai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan setiap orang untuk bernyanyi 'Selamat Ulang Tahun' sebanyak dua kali saat mencuci tangan untuk mencegah virus corona.

Merespon hal tersebut, Fujitsu Ltd yang merupakan perusahan pengembangan teknologi terbesar mengembangkan monitor dengan sistem kecerdasan buatan (AI) yang kabarnya dapat membantu pekerja kesehatan, hotel, industri makanan, ataupun departemen lainnya untuk menunjukkan cuci tangan yang benar.

Dikutip dari laman akurat.co 19/06/2020 Sistem yang disematkan pada alat tersebut dapat mengenali gerakan tangan yang sulit sekalipun dan bahkan dapat mendeteksi ketika orang tidak menggunakan sabun. Kata Fujitsu, Teknologi ini dikembangkan untuk diterapkan pada perusahaan Jepang yang menerapkan peraturan kebersihan yang sangat ketat.

"Pejabat industri makanan dan mereka yang terlibat dalam bisnis terkait virus corona yang telah melihatnya ingin menggunakannya, dan kami telah meminta orang-orang untuk menanyakan harga," kata Genta Suzuki, seorang peneliti senior di perusahaan teknologi informasi Jepang.

Namun Fujitsu, belum secara resmi memutuskan apakah akan memasarkan teknologi tersebut secara global nantinya. Sistem AI milik Fujitsu ini juga dapat memeriksa apakah seseorang sudah menyelesaikan enam langkah prosedur mencuci tangan sesuai dengan kebijakan yang dibuat kementerian kesehatan Jepang dan pedoman yang dikeluarkan oleh WHO.

Dimana langkah yang harus dilakukan itu yakni membersihkan telapak tangan, mencuci ibu jari, di antara jari-jari dan di sekitar pergelangan tangan mereka, dan menggosok kuku. Untuk melatih pembelajaran mesin AI, Suzuki dan pengembang lainnya menciptakan 2.000 pola cuci tangan menggunakan sabun dan wastafel yang berbeda. Karyawan Fujitsu ikut serta dalam uji coba itu, dan membayar orang lain di Jepang dan luar negeri untuk mencuci tangan guna membantu mengembangkan sistemnya. Sistem itu sendiri dapat diprogram untuk memainkan lagu Selamat Ulang Tahun atau musik lain untuk menemani mencuci tangan.

Tanpa disadari perangkat ini sangat berguna bagi kita yang sering membasuh tangan secara asal-asalan, terlebih di kondisi pandemic COVID 19 saat ini kebersihan diri harus sangat – sangat di jaga. (Yk)

 

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"