Baca Artikel

Kategori: Pengetahuan Umum

Bangkitkan Kembali Semangat Kerja

Blog Single

Bagi yang sudah bekerja atau berwirausaha pasti pernah mengalami penat dan jenuh. Banyaknya beban kerja dan tanggung jawab yang harus diselesaikan, deadline yang menumpuk, target yang harus dicapai seringkali menjadi keluhan bagi para karyawan dalam bekerja. Secara tak sadar, rutinitas tersebut menurunkan semangat kerja Kamu. Tahukah jika hal itu terjadi, maka bisa berdampak buruk terhadap kinerja Kamu di perusahaan atau instansi kerja kamu, sehingga semakin selit untuk mengembangkan karier. Dikutip dari laman www.cermati.com (22 April 2019). Mari simak beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan semangat dalam bekerja, antara lain :

1. Ingat Kembali Apa Tujuan Kamu Bekerja

Saat Rasa penat dan jenuh mulai menghampiri, Kamu tentu akan menjadi malas dan kurang bersemangat untuk bekerja. Rasanya berat sekali untuk melaksanakan tugas dan kewajiban. Saat itulah, coba ingat-ingat kembali apa tujuan Kamu bekerja. Setiap orang, termasuk Kamu pasti memiliki tujuan dalam bekerja, apakah itu hanya untuk sekadar mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bersama keluarga, untuk membantu biaya sekolah adik, membiayai pengobatan orangtua yang sedang sakit, mewujudkan cita-cita, atau tujuan lainnya. Ingat juga, akibat jika Kamu bersikap malas dan kurang bersemangat, tentunya tujuan tersebut akan sulit tercapai.

2. Berpikir Positif dan Bersyukur

Rutinitas kamu saat bekerja membuat bosan, karena setiap hari hanya mengerjakan tugas dan kewajiban yang sama secara terus menerus. Saat semangat kerja Kamu menurun, cobalah tumbuhkan pikiran-pikiran yang positif sehingga dapat memberi kekuatan dan keyakinan pada Kamu. Yakinkan pada diri sendiri, bahwa Kamu mampu mengerjakan setiap pekerjaan dengan baik. Berpikir positif akan memotivasi diri untuk tetap bertahan dan bangkit dengan semangat baru. Hilangkan pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat pekerjaan Kamu. Selain itu, selalu bersyukur atas rezeki yang diperoleh akan meningkatkan semangat kerja Kamu.

3. Berikan Penghargaan untuk Diri Sendiri

Ketika Kamu telah sungguh – sungguh saat bekerja maka jangan mengabaikan diri sendiri . Jangan hanya hidup untuk bekerja dan bekerja. Ketika Kamu sudah merasa lelah, barulah merasakan dampaknya, Kamu akan jadi malas dan kurang bergairah karena badan dan pikiran terus diporsir untuk bekerja karena kurangnya penghargaan Kamu terhadap diri sendiri. Penghargaan di sini maksudnya memanjakan atau menyenangkan diri dengan berbagai macam kegiatan yang dapat membangkitkan semangat dan motivasi baru.  

Seperti, menyalurkan hobi Kamu, berkumpul bersama teman dan keluarga, liburan, belanja, dan kegiatan lain yang bisa membuat Kamu rileks. Dengan begitu, pikiran Kamu kembali segar dan memulai bekerja dengan semangat baru. Jadi mulai sekarang, luangkan waktu untuk diri Kamu, misalnya saat weekend.

4. Berolahragalah Secara Rutin

Selain melakukan aktivitas yang membuat pikiran kita menjadi fresh kembali, kamu juga perlu menjaga kebugaran tubuh. Jangan sampai dengan aktivitas pekerjaan dikantor membuat Kamu lupa akan kesehatan tubuh. Seperti pepatah populer `Mensana in Corporesano`Di Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat yang sudah dikenal oleh banyak orang sejak lama dan terbukti benar karena orang yang rutin berolahraga akan memiliki tubuh yang sehat/bugar dan kesehatan yang terjaga, mereka dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik, bersemangat, tidak cepat lelah dan tidak mudah sakit. Sehingga jiwa dan raga kamu akan mendapat keseimbangan yang diperlukan untuk memulai rutinitas kembali.

 5. Cintai Pekerjaan Kamu

Pekerjaan yang Kamu jalani akan menjadi beban terus menerus bila Kamu tidak mencintai apa yang Kamu kerjakan. Jadi belajarlah untuk mencintai pekerjaan Kamu dengan segala tugas dan tanggung jawabnya. Melakukan pekerjaan dengan senang hati dapat memberikan hasil yang terbaik. Kalau kinerja Kamu bagus di tempat kerja, maka karier akan meningkat dan diiringi dengan kenaikan gaji. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan yang telah diberikan perusahaan kepada Kamu.

6. Jangan Takut dan Ragu

Motivasi dan semangat kerja bisa redup karena rasa takut dan ragu yang berlebihan. Hal ini justru akan merugikan diri sendiri dan mengakibatkan performa Kamu kurang maksimal di tempat kerja. Lawanlah rasa takut dan ragu dalam diri Kamu. Bekerjalah dengan maksimal, tunjukkan kemampuan dan keahlian Kamu. Cara mengatasi rasa takut dan ragu bisa, seperti berinteraksi dengan orang lain, berkumpul bersama teman, dan kegiatan lain yang ampuh mengembalikan semangat dan motivasi kerja Kamu.

Seungguh apabila Kamu memahami apa yang dibutuhkan dirimu maka Kamu dapat menumbuhkan motivasi yang baik untuk meningkatkan semangat dalam melakukan setiap aktivitas. Karena motivasi yang paling baik sejatinya berasal dari diri sendiri. Tapi tak ada salahnya, apabila Kamu meminta motivasi dari orangtua atau orang-orang terdekat Kamu supaya lebih giat dalam bekerja. Mari bekerja secara maksimal dan dilakukan sepenuh hati.

 

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"