Untitled Document
 
Evaluasi dan Pemaparan Program Kerja tahun 2012

        2012-01-06 | author : m.tok Bagikan


BTKP DIY- Tidak seperti biasanya, Jumat pagi ini, (6/1), seluruh pegawai dan karyawan BTKP dikumpulkan di Aula BTKP DIY. Berkumpulnya segenap pegawai dan karyawan BTKP DIY ini bukan tanpa sebab, tetapi karena adanya acara Evaluasi Program Kerja BTKP DIY tahun 2011, sekaligus koordinasi Pelaksanaan Program Kerja BTKP DIY Tahun 2012.

Selain dua acara utama tersebut, pada Jumat pagi yang cerah ini Kepala BTKP DIY, Dra. Tugini Tri Hayati juga memperkenalkan sesosok Kasi baru yang harapannya dapat lebih mencerahkan BTKP DIY di kemudian hari. Sosok Kasi baru itu adalah Dra. Isti Triasih. Beliau sebelumnya adalah staff pada Seksi SMK Bidang Dikmenti Dinas Dikpora DIY. Kedatangan Beliau di BTKP DIY mengisi jabatan Kasi Layanan dan Promosi. Sementara Kasi Layanan dan Promosi sebelumnya, yakni Dra. Nanik Sumbawati, mengisi jabatan Kasubag TU. Pejabat Kasubag TU sebelumnya, yakni Astuti Rahayu, SH., saat ini menjabat sebagai Kasi Pengembangan dan Program pada Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) DIY.

Mengenai Evaluasi Program Kerja dan atau kegiatan BTKP di tahun 2011, tentu saja tidak dapat dilepaskan dari penilaian kinerja instansi maupun pegawai. Dalam hal kinerja instansi, penilaiannya meliputi perencanaan program/kegiatan, pelaksanaan dan penjadwalan sesuai aliran kas, serta laporan kegiatan dan daya serap. Dari penilaian kinerja instansi ini, dapat dilihat program-program yang sudah dijalankan pada masing-masing seksi maupun subag.

Subag TU sudah menjalankan program pengembangan web BTKP, serta buletin warta guru. Meskipun sudah baik, namun yang menjadi catatan oleh Kepala BTKP adalah keterserapan yang kurang maksimal. Dana yang memang dianggarkan untuk pengembangan web BTKP dan Buletin Warta Guru, baru terserap sekitar 85%. Sehingga ada dana cukup besar yang harus dikembalikan dan tidak dimanfaatkan secara optimal.

Sementara bagi Seksi Layanan dan Promosi, kegiatan yang telah dilaksanakan adalah pembinaan Ki Hajar, pengembangan JLG, pengembangan klaster pendidikan, penyelenggaraaan Lomba TIK, serta promosi dan pameran produk BTKP. Untuk Seksi Layanan dan Promosi, keterserapan dana terhitung sudah baik, karena mencapai lebih dari 95% dari dana yang telah disiapkan. Hal ini pula yang terjadi di Seksi Pengembangan dan Produksi, dimana program-program kerja yang dijalankan di tahun 2011, yakni Produksi Media Pembelajaran, serta Pengembangan dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Budaya, telah menyerap lebih dari 95% dana dari anggaran yang telah disiapkan dalam perencanaan.

Evaluasi yang kedua, yakni evaluasi prestasi kerja pegawai, dinilai dari beberapa aspek. Aspek pertama yakni kedisiplinan, yang mengacu pada daftar hadir presensi elektronik (print out). Aspek berikutnya adalah kreativitas dan inovasi dalam penyusunan dan pelaksanaan program. Aspek yang ketiga yakni tanggung jawab terhadap pekerjaan. Serta aspek yang keempat adalah kerjasama dan toleransi, yang merupakan implementasi 18 butir nilai-nilai luhur budaya pada Perda No.5 tahun 2011 tentang "Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya".

Dari semua aspek evaluasi itu, yang paling menjadi sorotan bagi Kepala BTKP DIY adalah aspek kedisplinan. Hal ini dikarenakan, berdasarkan rekap laporan absensi elektronik dari bulan Mei hingga Desember 2011, masih ditemukan beberapa pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh pegawai BTKP. Pelanggaran kedisplinan itu meliputi keterlambatan dalam hal kedatangan di kantor, mendahului pulang sebelum jam kerja berakhir, maupun tidak berangkat tanpa keterangan yang jelas. "Semoga di tahun 2012 ini, segala hal yang berkaitan dengan kedisplinan tersebut dapat kita tingkatkan ke arah yang lebih baik, sehingga dapat membawa baik nama lembaga kita, serta dapat meningkatkan kesejahteraan para pegawai melalui TPP yang diberikan secara maksimal", ujar Dra. Tugini Tri Hayati.

Beralih ke perencanaan program di tahun 2012, Dra. Tugini Tri Hayati menyampaikan program-program kerja yang akan dilaksanakan oleh seksi maupun subag yang ada di BTKP DIY. Dimulai dari Subag TU, yang akan melaksanakan program kerja pengembangan web BTKP, buletin warta guru dan jurnal, monev pemanfaatan media, serta desiminasi dan koordinasi program. Pada Seksi Pengembangan dan Produksi, program yang direncanakan di tahun 2012 adalah produksi media pembelajaran, pengembangan dan produksi media pembelajaran budaya berbasis TIK SMP, serta diklat penulisan naskah animasi, video dan multimedia.

Sebagaimana tahun 2011, pada tahun 2012 ini program yang paling banyak juga masih terdapat pada Seksi Layanan dan Promosi. Program-program itu diantaranya adalah Pembinaan Ki Hajar, pengembangan JLG, pengembangan klaster pendidikan, promosi dan pameran produk BTKP, serta yang terbaru adalah program peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan berbasis TIK (ICT EQEP).

Meskipun program-program tersebut tersebar di beberapa seksi maupun subag yang ada di BTKP DIY, namun Kepala BTKP DIY, Dra. Tugini Tri Hayati tetap mengharapkan agar para pegawai dan karyawan di lingkungan BTKP DIY tetap saling bekerjasama untuk mensukseskan seluruh program yang ada di BTKP DIY, tidak peduli dimanapun itu leading sector-nya.

"Marilah kita selalu mawas diri, transparan, toleran, meningkatkan kerjasama antar pegawai, meminimalkan konflik, sehingga bisa mewujudkan suasana kerja yang kondusif dan menjadi idaman bagi kita semua", pesan Dra. Tugini Tri Hayati.

Pada akhir sesi evaluasi, Dra. Tugini Tri Hayati memaparkan rancangan tim teknis Pengelola Perangkat Teknologi dan Sistem Informasi di BTKP. Hirarkinya dimulai dari Penanggung Jawab yakni Kepala BTKP DIY, Pengarah Tim Teknis yang terdiri dari Kasubag TU, Kasi Layanan dan Promosi, serta Kasi Pengembangan dan Produksi. Di bawahnya ada koordinator tim teknis, yang membawahi 10 administrator teknis. Ke-sepuluh administrator teknis tersebut adalah admin infrakstruktur jaringan, server, dan listrik, admin konten media pembelajaran, admin helpdesk, admin website dan SIM, admin radio streaming dan studio audio, admin studio audio visual, admin lab. komputer, admin perpustakaan, admin program pelatihan dan pendampingan, admin program PKL/KKN, prakerin dan layanan tamu.

Dengan adanya rancangan tim teknis tersebut, harapannya di tahun 2012 ini, seluruh asset yang dimiliki oleh BTKP DIY dapat terkelola dengan baik, dengan memaksimalkan kemampuan dan daya guna yang dimiliki oleh seluruh pegawai dan karyawan BTKP DIY. (m.tok)






 
  Komputer Mini Tanpa Kipas

Kemajuan teknologi memang tidak bisa dipungkiri. Begitu banyak perusahaan yang 



 
 



     PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH  
     Pendidikan dan Perkembangan Budaya IPTEK  
     Relevansi Pendidikan Politik Dalam Menumbuhkan Kesadaran Politik Pemilih Pemula  
     Ada Apa dengan Sastra Nusantara ?  
     Bagaimana Internet Mengubah Cara Kita Menulis ?  
 



  Talk Show : "Gebyar Anugerah Kihajar 2014 (Kita Harus Belajar)"
  Info Jurnal Ilmiah Adi Karsa dan Buletin Warta Guru 2014
  Talk Show : "Kreasi dan Inovasi Tenaga Pendidik"
  Talk Show : "Pengembangan dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Video"
  Pelaksanaan Kegiatan Kemah TIK 2014
  Talk Show : "Kemah Ilmiah TIK 2014, Ajang Berprestasi dan Berkreasi bagi Guru dan Siswa"
 
    Copyright © 2010 by Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan. All Rights Reserved
    Jl. Kenari No. 2 Yogyakarta 55166 Telp/Fax : 0274 - 517327
    Email : info@btkp-diy.or.id