Baca Artikel

Kategori: Pengetahuan Umum

Tips Bagi yang Memiliki Maag Jangan Khawatir Menjalankan Puasa

Blog Single

Disaat ingin menjalani kewajiban, tapi tubuh terkadang juga tidak sanggup untuk menahannya. Puasa adalah ibadah wajib bagi umat Muslim yang mampu dan telah baligh. Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang tidak dapat melaksanakan ibadah puasa ini karena kesehatan yang terganggu. Salah satu masalah kesehatan yang harus diperhatikan adalah maag. Penderita maag diharuskan untuk menjaga pola makannya dan menghindari stress. Namun bagaimana jika seseorang yang memiliki gangguan maag ingin tetap melaksanakan ibadah puasa?

Puasa bagi penderita maag mungkin adalah suatu tantangan tersendiri. Disaat ingin menjalani kewajiban, tapi tubuh terkadang juga tidak sanggup untuk menahannya. Namun, sebenarnya ada caranya untuk penderita maag dapat berpuasa dengan lancar. Penasaran? Yuk intip tips puasa untuk penderita maag di bawah ini!

1. Jangan lupakan sahur karena itu wajib!

Kalau kamu masih suka melewatkan sahur, hentikan! Karena sahur adalah jam makan yang penting, terutama untuk penderita maag. Dengan sahur maka tubuh mempertahankan tingkat normal asam lambung dan menghindari kambuhnya sakit maag saat berpuasa.

2. Hindari tidur setelah sahur

Kebiasaan ini adalah kebiasaan buruk untuk penderita maag. Hal ini dapat menyebabkan asam lambung meningkat dan memicu terjadinya mual.

3. Konsumsi makanan yang lambat dicerna

Makanan yang kaya akan serat seperti pisang, oatmeal, almond, kentang, dan gandung utuh sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Makanan tersebut lambat dicerna oleh tubuh yang dapat menghindari kambuhnya maag saat berpuasa.

4. Sebisa mungkin menghindari makanan pedas

Makanan pedas dan juga mengandung banyak lada dapat membuat iritasi pada perut dan menurunkan fungsi dindin lambung. Sehingga tidak baik untuk dikonsumsi untuk penderita maag yang ingin berpuasa.

5. Hindari juga makanan yang mengandung gas

Hindari makanan bergas seperti sawi, kol, nangka, dan pisang ambon. Kandungan gas pada makanan tersebut dapat meningkatkan asam lambung dan memicu penyakit maag kambuh saat berpuasa.

6. Jangan mengkonsumsi makanan berlemak dan gorengan

Tips puasa untuk penderita maag lainnya adalah hindari makanan berlemak & digoreng, perbanyak minum air putih, dan jangan lupa untuk menghindari stres.

Penderita maag harus menghindari stress yang dapat berpengaruh terhadap naiknya asam lambung.

Alihkan stressmu dengan perbanyak ibadah agar hati dan pikiran menjadi tenang.

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"