Baca Artikel

Kategori: Info Teknologi

Serba - serbi Overheat Pada Ponsel Pintar

Blog Single

Permasalahan yang sering muncul pada ponsel pintar adalah masalah panas yang berlebihan (Overheat). Overheat merupakan keadaan dimana ponsel pintar anda menjadi sangat panas sehingga mengganggu kinerja ponsel anda. Hal ini biasa terjadi pada ponsel pintar, hal ini biasanya disebabkan oleh penggunaan aplikasi secara bersamaan/multitasking atau juga dapat disebabkan karena melakukan pengisian daya menggunakan charger yang tidak orisinil. Sekalipun umum terjadi pada ponsel pintar keadaan overheat dapat menimbulkan beberapa kerusakan pada ponsel pintar anda. Kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh keadaan overheat antara lain:

  1. Salah satu kerusakan terparah yang disebabkan oleh overheat adalah meledaknya baterai. Memang kemungkinan baterai untuk meledak sangat kecil, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Baterai dapat meledak jika terjadi kenaikan suhu yang berlebihan sehingga tidak dapat terkontrol oleh circuit breaker.
  2. Masih berkaitan dengan baterai, kerusakan kedua yang ditimbulkan oleh ponsel pintar yang sering overheat adalah baterai cepat mengalamai degradasi. Degradasi pada baterai menyebabkan baterai tersebut tidak dapat memuat sejumlah energi seperti semula.
  3. Kerusakan lainnya berkaitan dengan kecepatan prosesor. Untuk mencegah agar suhu ponsel pintar terus bertambah sistem-on-chip sentral (SoC) akan menurunkan kecepatan prosesor. Dengan menurunnya kecepatan prosesor anda harus menunggu hingga ponsel pintar anda mendingin untuk bisa menggunakannya kembali, hal ini cukup menyebalkan untuk beberapa orang yang tidak sabar akan melakukan hard restart agar dapat segera menggunakan perangkatnya kembali.

Itulah beberapa kerusakan yang dapat ditimbulkan overheat. Agar ponsel pintar anda terhindar dari kerusakan tersebut berikut beberapa tips untuk mengindarinya.

  1. Jangan letakkan ditempat yang panas, hal ini akan meningkatkan suhu pada perangkat anda.
  2. Istirahatkan ponsel anda, jika perangkat anda terasa hangat lebih baik anda istirahatkan sejenak dan jika memungkinkan lepaskan baterainya.
  3. Jangan letakkan perangkat anda di saku celana, perangkat yang panas dapat memicu kebakaran dan anda pasti tidak menginginkannya terjadi di saku anda bukan.
  4. Tutup aplikasi yang kurang berguna, salah satu yang menyebabkan overheat adalah penggunaan aplikasi yang bersamaan.
  5. Menggunakan aplikasi pendingin, saran ini tidak terlalu disarankan karena dengan menggunakan cara manual diatas sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk mengatasi overheat pada ponsel pintar anda.

Semoga sedikit serba-serbi tentang overheat dapat memperluas pengetahuan anda dan dapat membuat ponsel anda lebih awet. Pada saat perangkat anda mengalami kenaikan suhu anda dapat melakukan beberapa tips yang kami berikan untuk mencegahnya. Semoga hari anda menyenangkan.

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"