Baca Artikel

Kategori: Pengetahuan Umum

Sejarah Adobe Photoshop

Blog Single

Mungkin kita pernah mendengar kata Photoshop dari seseorang yang menyaksikan suatu gambar atau foto yang terlihat aneh atau janggal dan terkesan mustahil, karena memang aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe ini populer akan kemampuannya untuk merekayasa foto. Tapi perlu kita ketahui bahwa Adobe bukanlah pembuat dari aplikasi Photoshop. Pembuat asli dari aplikasi Photoshop adalah 2 bersaudara, yaitu Thomas Knoll dan John Knoll. Namun penggagas utamanya adalah Thomas Knoll. Thomas Knoll merupakan seorang mahasiswa PhD di Universitas Michigan pada tahun 1987. Dia menulis suatu program pada Macintosh Plus untuk menampilkan sebuah gambar Grayscale pada layar monokrom, program tersebut bernama Display.

Ketika itu, OS Windows belum melirik program yang dibuat oleh Thomas Knoll yang disebut Display. Sudaranya, John Knoll, yang merupakan seorang karyawan di Industrial Light & Magic tertarik dengan apa yang dikerjakan Thomas Knoll dan dia memberikan saran untuk menjadikan program penyunting gambar penuh. Untuk lebih serius menggarap program tersebut, Thomas mengambil cuti studi 6 bulan dan mengajak John bekerjasama untuk menjual aplikasi ini secara lebih profesional. Dalam perjalannya mereka pernah ditolak dan program mereka dianggap tidak layak jual. Belajar dari kegagalannya mereka terus mengembangkan program “Display”. Kemudian mereka menemukan metode inovatif yang belakangan dikenal sebagai ‘Plug-Ins’. Tepatnya sebuah fitur untuk menyelaraskan "tones", "hue & saturation", serta beberapa kontrol keseimbangan gambar lainnya.

Semakin bertambahnya hari maka program mereka  semakin berkembang. Atas gagasan John Knoll, aplikasi Display di upgrade dan berganti nama menjadi ImagePro. Kemudian pada tahun 1988, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner, total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan.

Selama watu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russel Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan program tersebut pada September 1988. Sejak saat itu maka lahirlah Adobe Photoshop. John bekerja pada plug-in di California, sementara Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Kemudian, pada bulan Februari 1990, pihak Adobe merilis Adobe Photoshop 1.0. Program itu berkapasitas sama dengan sekeping floppy disk (1,4 Mb) dan digunakan di Mac OS. Pada tahun 1992 diluncurkanlah Adobe Photoshop versi 2.5 yang pertama kalinya bisa dioperasikan ke Windows.

 

Versi Awal Photoshop

Pada September 1989, semuanya berubah untuk Photoshop ketika Adobe membelinya. Setahun kemudian, pada tanggal 1 Februari 1990, Photoshop 1.0 dirilis. Itu termasuk pengeditan dan retouching warna digital. Itu didedikasikan untuk digunakan dalam platform high-end seperti SciTex dan biaya $ 300 untuk perbaikan foto dasar. Photoshop meningkatkan fitur-fiturnya sebagaimana ditetapkan untuk versi 2.0. Dan begitulah, pada 1 Juni 1990 ketika Photoshop merilis versi keduanya menambahkan Paths, warna CMYK dan alat Pen. Kami mengaitkan sebagian besar alat Pena dengan seorang pria bernama Mark Hamburg. Versi 2.5 kemudian dirilis pada November karena ditujukan untuk rilis pertama OS Windows.Photoshop juga menambahkan palet dalam versi ini. Pada tahun 1994, Photoshop 3.0 dirilis. Versi ini sekarang termasuk lapisan. Ini menyelamatkan penilaian banyak desainer yang suka menambahkan nuansa yang lebih kompleks dalam kreasi mereka. Tom Knoll adalah orang yang memungkinkan semua ini terjadi.

Butuh dua tahun bagi Photoshop untuk merilis versi 4.0, yang menambahkan lapisan penyesuaian dan makro. Bayangkan jika pengembang Photoshop belum memikirkan ini, kita masih akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menaruh tanda air pada foto kita.Mereka membuat hidup lebih mudah. Selain itu, 4.0 juga memulai antarmuka pengguna yang kita semua lihat hari ini. Pada 1 Mei 1998, versi 5.0 keluar menampilkan fungsi-fungsi terbarunya jenis yang dapat diedit dan kemampuan untuk membatalkan tindakan berbagai kali menggunakan palet Sejarah.Pemilihan area juga menjadi lebih mudah dengan penambahan alat laso magnetik. Setahun kemudian, 5.5 keluar dan menambahkan fitur Simpan untuk Web. (Terima kasih untuk 5,5 kami dapat mengekspor PNG!)

Ketika milenium baru tiba, Photoshop 6.0 keluar. Bentuk vektor ditampilkan dalam versi ini. Alat tipe juga merevolusi dengan menambahkan fitur di mana Anda dapat langsung mengetik teks bahkan tanpa mendefinisikan kotak pembatas padanya. Opsi campuran juga ditambahkan. Dua tahun kemudian muncul 7.0, yang memperkenalkan browser file baru yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melihat melalui folder. Kuas juga ditambahkan bersama dengan alat tambalan.

 

Creative Suite

Ketika Photoshop terus berkembang, ia datang dengan fitur yang lebih cool. Ini dipasarkan ke paket perangkat lunak yang luas di mana Photoshop adalah merek terkemuka yang disebut Creative Suite. Ini pada dasarnya melayani semua kebutuhan desain, mulai dari desain grafis hingga tata letak, fotografi hingga film. Photoshop CS (atau Photoshop 8.0) adalah versi pertama yang keluar pada tahun 2003. Itu memiliki Sistem Pencegah Palsu (CDS), yang menggunakan kembali duplikasi mata uang kertas. Dengan dirilisnya CS, muncul juga skrip dan bahasa. Pengelompokan lapisan juga diperkenalkan dalam versi ini, membuat penggunaan program lebih mudah.

Sementara itu, pada 2005, CS2 keluar. Versi ini menambahkan alat penghilang mata merah, dan alat titik lenyap. Objek pintar, yang memungkinkan pengguna untuk meledakkan atau memotong gambar tanpa kehilangan kualitas, juga diperkenalkan. Dengan dirilisnya CS3 pada 2007, kecepatan adalah perubahan besar. CS3 mengoptimalkan perubahan dengan alat. Itu membuat navigasi dan penggunaan Photoshop lebih cepat dan lebih mudah. Adobe Camera Raw dan Quick Selection Tool juga diperkenalkan.

Pada 2008, CS4 keluar. Jelaslah bahwa panning dan zooming menjadi lebih mudah. Panel Maskdan Penyesuaian juga disertakan yang membuat Masking lebih mudah. Setelah dua tahun, pada 2010, Photoshop merilis CS5. Itu menambahkan Pupp Warp Tool, tips Bristle, Brush Mixer dan koreksi Lensa Otomatis. Masking ditingkatkan lebih lanjut. Akhirnya, pada 7 Mei 2012, CS6 keluar dengan UI yang sangat baru dan lebih gelap. Ini termasuk fitur yang lebih baru seperti penyimpanan otomatis, alat tambalan dan pindahkan, galeri kabur dan bentuk vektor dengan goresan putus-putus atau putus-putus.

Creative Cloud

Saat Anda membaca artikel ini, Adobe sedang dalam proses memperbaiki perangkat lunak. Salah satu inovasi besar yang kami miliki adalah seri Creative Cloud. Ini adalah layanan dari Sistem Adobe yang memberikan pengguna akses ke perangkat lunak desain perusahaan. CC bekerja pada perangkat lunak sebagai model layanan di mana pengguna dapat 'menyewa' penggunaan suite dengan biaya tambahan. Ini mencoba untuk menghilangkan pembajakan sambil meminimalkan pengeluaran perusahaan dengan perangkat lunak desain mereka.

Versi CC Photoshop mencakup berbagai perubahan. Dengan CC, Anda diberikan kebebasan lebih, kecepatan, dan membuat gambar 'sangat nyata'. Anda dapat bekerja langsung dengan Behance dan mendapatkan umpan balik dengan proyek Anda secara instan. Pemasangan Photoshop terbaru ini menggunakan fitur seperti Smart Sharpen, yang mengubah gambar beresolusi rendah menjadi beresolusi tinggi. Ini juga memungkinkan Camera Shake Reductions yang memungkinkan pengguna untuk mengembalikan ketajaman dalam bidikan gerakan-kabur.

Kesimpulan

Melihat kembali ke Photoshop, kita akan melihat bagaimana ide sederhana dapat berkembang menjadi alat yang bermanfaat dan berdampak. Tanpa tampilan Knoll, kita tidak akan memiliki perangkat lunak favorit kita, kan? Ini hanya membuktikan bahwa Photoshop, seperti kami para perancang web, dapat berevolusi dan menjadi lebih baik. Kami terus menghapus bug kami, meningkatkan alat kami (dan kadang-kadang mendesain ulang UI kami) untuk menjadi orang yang lebih baik. Dan, semoga, seperti Photoshop, kami akan muncul sebagai desainer web yang sukses.

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"