Baca Artikel

Kategori: Info Teknologi

Robot ini Berhasil Menyelesaikan Rubik dalam Waktu 1 Detik

Blog Single

Rubik dikenal sebagai salah satu permainan yang ditujukan untuk mengasah otak. Namun saat ini, rubik tak hanya digunakan oleh manusia. Robot pun ternyata tak mau ketinggalan dalam berpartisipasi untuk bermain rubik. Namun tentu saja tujuan dari para robot untuk bermain rubik bukanlah untuk mengasah otak, melainkan untuk menciptakan rekor.

Dikutip dari beritateknologi.com, Duo Jay Flatland dan Paul Rose adalah  pencipta robot yang ingin membuat rekor pemecahan teka-teki rubik dalam waktu yang super singkat. Mereka pun kini telah berhasil membuat robot yang mereka inginkan. Hasilnya, robot itu ternyata bisa menyelesaikan teka-teki rubik dalam waktu satu detik.

Kedua orang ini pun tengah mengajukan proses pemecahan rekor dunia. Dan menilik pada video di YouTube, rekor dunia penyelesaian rubik pun bisa bakal dengan mudah diraih oleh robot milik Flatland dan Rose. Hal ini mengingat rekor dunia penyelesaian rubik oleh robot adalah 3,253 detik.

Dalam video YouTube tersebut di atas, robot ini pun diperlihatkan mampu menyelesaikan rubik dalam waktu yang super singkat. Dalam beberapa percobaan, nampak pula kalau kinerja robot ini sangat konsisten. Mulai dari menyelesaikan rubik dalam waktu 1,196 detik, lalu muncul angka 1,152 detik dan yang terakhir, robot ini mampu menyelesaikan rubik dalam jangka 1,019 detik.

Untuk membuat robot ini, Flatland dan Rose memanfaatkan motor stepper, frame yang dibuat menggunakan printer 3D serta empat webcam USB yang dipasangkan ke PC. Selain itu, rubik yang digunakan sedikit dimodifikasi agar bisa digerakkan oleh robot, yakni dengan pembuatan empat lubang pada bagian tengahnya.

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"