Baca Artikel

Kategori: Pengetahuan Umum

Robot Humanoid Dapat Mengendarai Sepeda Motor Balap

Blog Single

Mengendarai sepeda motor balap bukanlah lelucon. Sepeda motor ini dapat dengan mudah mencapai kecepatan puncaknya yaitu 200 mil per jam dan seharusnya hanya dikendarai oleh pengendara berpengalaman. Apakah Anda percaya robot bisa mengendarai sepeda motor seperti itu? Tentu saja, perusahaan motorsport asal Jepang, Yamaha sudah membuktikannya. Baru-baru ini, perusahaan tersebut telah membuat langkah maju dengan membuat yang mereka sebut sebagai MOTOBOT. Motobot merupakan robot humanoid yang dapat secara otomatis mengendarai motor balap di sirkuit.

MOTOBOT berbeda dari sebagian besar teknologi berkendara otomatis, karena Yamaha tidak bertujuan untuk membuat sepeda motor otonom. Sebaliknya, mereka sedang fokus pada membangun robot humanoid otonom yang dapat mengoperasikan sepeda motor yang tidak dimodifikasi. MOTOBOT mereplikasi bagaimana pengendara manusia akan mengoperasikan sepeda motor dan mengendalikan enam aktuator (kemudi, throttle, rem depan, rem belakang, pedal kopling dan perpindahan gigi) sebagai respons terhadap data yang menunjukkan kecepatan kendaraan, rpm mesin, sikap mesin, dll.

Kedepan, mereka ingin memanfaatkan teknologi pengenalan posisi alat berat seperti GPS presisi tinggi yang dikombinasikan dengan pembelajaran mesin untuk memungkinkan MOTOBOT menghitung keputusannya sendiri untuk mengoptimalkan kinerjanya. Ketika MOTOBOT berhasil dilengkapi dengan pembelajaran mesin, ia akan dapat mengoptimalkan waktu putarannya dengan belajar dari keberhasilan dan kesalahannya.

Dalam percobaan baru-baru ini, mereka menempatkan MOTOBOT melawan pembalap motor juara Valentino Rossi dalam perlombaan untuk melihat siapa yang bisa mencapai waktu lap yang lebih baik. Sayangnya untuk MOTOBOT, Rossi dengan mudah mengalahkan waktu putarannya. Namun, di masa depan ketika teknologi ini lebih dioptimalkan, sangat mungkin bahwa MOTOBOT akan meninggalkan juara dalam debu. Selain itu, di masa depan, Yamaha ingin mentransfer teknologi MOTOBOT ke berbagai kendaraan berkinerja tinggi lainnya termasuk mobil salju dan jet ski.

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"