Baca Artikel

Kategori: Info Teknologi

Portabook XMC10, Laptop 8 inci dengan Keyboard Lipat

Blog Single

Dikutip dari beritateknologi.com, bagi sebagian orang, terkadang membutuhkan laptop yang kecil agar nyaman dan tidak memakan banyak tempat saat dibawa. Namun kendala utama dalam menggunakan laptop berukuran kecil ini adalah ukuran keyboard yang terbilang kecil. Jadi bagi orang dengan jari yang besar, laptop kecil dengan keyboard yang kecil juga adalah suatu masalah.

Namun hal tersebut akan segera teratasi karena kini salah satu perusahaan asal Jepang mencoba membuat sebuah terobosan baru. Adalah King Jim, yang merupakan perusahaan penyedia elektronik untuk perkantoran, dengan membuat sebuah inovasi berupa keyboard lipat.

Dalam pengaplikasiannya, King Jim merilis laptop Portabook XMC10, dengan ukuran layar 8 inci saja. Ya, Anda tidak salah dengar, layar dari laptop mungil ini mirip dengan tablet yang beredar di pasaran saat ini. Namun keyboard yang digunakan King Jim ini adalah keyboard untuk laptop dengan layar 12 inci. Resolusi yang terdapat pada layar Portabook XMC10 ini sebesar 1280×720.

Bagaimana bisa laptop mungil dengan layar 8 inci saja menggunakan keyboard berukuran 12 inci? Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, King Jim mengaplikasikan fitur keyboard lipat sehingga muat untuk laptop mungil ini. Untuk cara kerjanya juga simpel, cukup lipat ke bawah untuk membentangkan keyboard jika ingin digunakan untuk mengetik. Jika sudah, cukup lipat ke atas agar masuk ke dalam bodi dari laptop ini.

Soal spesifikasi, Portabook XMC10 ini tidak dibekali dengan jeroan yang terlalu istimewa. Sebut saja penggunaan prosesor dari Intel Atom x7-8700. RAM yang tertanam pada laptop ini juga kecil, yaitu sebesar 2GB saja, dan dibarengi dengan penyimpanan berjenis eMMC berkapasitas 32GB.

Laptop yang telah mendukung sistem operasi terbaru Windows 10 ini juga dilengkapi dengan WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, port USB 2.0, port HDMI, port VGA, dan ada juga port micro USB. Kabarnya Portabook in akan hadir pada Februari 2016, dengan harga 90.000 Yen atau kisaran 10 juta Rupiah.

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"