Baca Artikel

Kategori: Info Teknologi

Microsoft Luncurkan Software Open Source Pemantau Pemilu ‘ElectionGuard’

Blog Single

Pemilu serentak di Indonesia Tahun 2019 sudah selesai dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 lalu,  masih banyak perbincangan tentang pemilu yang mengalami kecurangan hal ini tentu akan membuat gaduh di masyarakat.  Pemerintah tentu saja sudah mempunyai cara untuk mengantisipasi hal tersebut. Kita juga tentu mengharapkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pemilu. Belum lama perusahaan berpusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yaitu Microsoft meluncurkan sebuah software open source pemantau pemilu.

Microsoft memperkenalkan Software Development Kit (SDK) open source bernama “ElectionGuard”, di hari pertama pada konferensi developer Build 2019 di Seattle, Amerika Serikat. Sesuai dengan julukannya, ElectionGuard bisa digunakan untuk memantau dan mengamankan kegiatan pemilu di sebuah negara agar prosesnya aman, serta bisa diverifikasi dan diaudit.

Pemberi suara, dapat melacak suara mereka lewat portal web dengan kode khusus, dan memastikan suara ditabulasi secara seharusnya, tak dimanipulasi, dan telah dijumlahkan dengan benar. ElectionGuard juga bisa dipakai untuk membuat tool verifikasi pemilu yang bisa digunakan oleh institusi media, pengamat, pemberi suara, juga kandidat agar masing-masing bisa memastikan bahwa suara sudah terekam dengan akurat.

Microsoft menyebutkan siapa pun bisa mengonfimasi dengan aman bahwa suara yang terenkripsi ini telah diagregasi dengan benar, dan bahwa tabulasi terenkripsi telah didekripsi dengan benar pula untuk memberikan hasil akhir penghitungannnya. Tak hanya itu, Microsoft juga turut membuat rancangan mesin voting untuk memudahkan proses pemungutan suara. Pemberi suara bisa meriset kandidat dan menentukan pilihan di rumah. Kemudian, mereka tinggal mencetak kode QR untuk dibawa ke tempat pemungutan suara.

Di tempat pemungutan suara, mesin akan memindai kode QR. Selanjutnya, secara otomatis menambahkan suara untuk kandidat pilihannya ke dalam penghitungan keseluruhan. ElectionGuard sendiri diperkirakan akan tersedia secara open source pada bulan Juni di GitHub. Mengenai mesin, Microsoft masih berdiskusi dengan sejumlah vendor untuk menyematkan fitur-fitur ElectionGuard di perangkat mereka.

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"