Baca Artikel

Kategori: Info Teknologi

IRL Glasses

Blog Single

Sudah cukup dengan TV, komputer, telepon, papan iklan, dan Gadget?, Kacamata IRL Bisa Memblokir Hal-Hal yang tak ingin kamu lihat. Sekarang ada kacamata canggih yang bisa membuat semua layar itu mendadak mati jika kamu pandangi. Kacamata IRL, kacamata yang memanfaatkan polarisasi horisontal untuk membuat layar yang nyala terlihat mati. Kacamata ini adalah ciptaan IRL, sebuah kelompok seniman, perancang, dan ahli teknologi yang ingin menjembatani kesenjangan antara objek seni dan alat praktis yang dapat digunakan untuk mengontrol teknologi.

Orang Amerika rata-rata menghabiskan lebih dari 10 jam per hari di depan sebuah layar. Perancang IRL, Ivan Cash ingin memperoleh kembali tempat-tempat yang dulu “suci” dan bebas layar tapi sekarang diserang “isolasi dan pemisahan.”

Cash menceritan, bahwa ide ini berasal dari teman baik dan kolaborator Scott Blew, yang mengutip cerita Wired tentang Casper Privacy Film sebagai inspirasinya. Film ini merupakan lapisan yang bisa dipasang di atas tembok kaca ruang konferensi hingga semua layar di ruangan terlihat hitam dari luar demi memastikan keamanan konten rahasia. Blew membuat prototipe kacamata yang bisa memblokir layar, tapi belum tahu mau digunakan untuk apa. Ketika Cash melihat prototipe Blew, dia ingin bergabung dalam proyeknya dan membuat kacamata itu tersedia secara komersial.

Kacamata IRL memblokir layar LCD/LED melalui polarisasi horisontal, sebuah fenomena optik yang juga dimanfaatkan Casper Privacy Film. Ketika sebuah lensa terpolarisasi diratakan dan diputar 90 derajat, cahaya yang terpancar oleh layar LCD/LED terblokir sehingga layarnya terlihat mati, padahal nyala. “Cahaya yang dipancarkan layar LCD dan LED terpolarisasi secara vertikal. Artinya gelombang cahaya bergerak sepanjang sumbu vertikal,” ucap Scott Blew. “Untuk memblokir cahaya kami menggunakan filter polarisasi horisontal. Filter ini bisa dibayangkan sebagai pagar yang terbuat dari balok horisontal. Karena balok-balok ini terorientasi sepanjang sumbu yang berlawanan [secara horisontal vs. vertikal] cahaya dari layar tidak dapat menembus balok-balok tersebut”. Dengan segala macam informasi penting yang disajikan olehnya, layar perangkat elektronik merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Ia memegang peranan penting saat kita bekerja, berkomunikasi, bahkan menjadi elemen krusial penunjang penyajian konten hiburan. Tapi interaksi dengan layar secara konstan tentu punya dampak negatif bagi kesehatan dan keselamatan.

Kita sering kali tergoda untuk melihat layar di situasi yang sebetulnya menuntut kesadaran penuh, misalnya ketika berjalan di tempat umum atau saat berkendara. Jika bagi Anda godaan untuk melihat layar – baik smartphone ataupun iklan digital di pinggir jalan – terlalu berat untuk dilawan, desainer Ivan Cash tengah menggarp solusinya. Lewat situs Kickstarter, inventor asal Oakland itu memperkenalkan IRL Glasses, yaitu kacamata yang bisa memblokir gangguan. Pengembangan IRL Glasses masih terus dilakukan, dan saat ini, produk berada di masa pengujian. Versi ‘beta‘ tersebut mampu menangkal cahaya dari televisi LED serta sejumlah monitor LCD, tapi masih belum bisa memblokir konten smartphone maupun layar yang menggunakan panel OLED. Tentu saja produk ini tak sekadar menawarkan gimmick unik semata. IRL Glasses dibekali lapisan polarisasi TAC 1.1, Cat 3 dan UV 400. Artinya, ia dapat melindungi penglihatan layaknya kacamata hitam. Walaupun status pengembangannya masih belum rampung, Ivan Cash dan tim IRL Labs siap menerima pemesanan versi beta IRL Glasses via platform crowdfuding Kickstarter.

 

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"