Baca Artikel

Kategori: Info Teknologi

Hologram Buatan Ilmuwan Jepang Ini Bisa Disentuh

Blog Single

Jika selama ini kita mengenal hologram sebagai suatu objek tiga dimensi yang tidak akan bereaksi ketika disentuh, mungkin akan berbeda dengan hologram yang satu ini. Ya, sekelompok ilmuwan di Jepang telah melakukan inovasi dengan tekonologi hologram, di mana hologram buatan mereka dapat disentuh oleh manusia.

Dengan menggunakan teknologi laser femtosecond, sekelompok ilmuwan Jepangitu mengembangkan ‘Fairy Light’, yaitu sebuah sistem yang dapat menembakkan sinar laser berfrekuensi tinggi. Tembakan laser itu sendiri berlangsung sepersejuta miliar per detik.

Seperti yang dikutip di beritateknologi.com, bahwa sinar laser tersebut dapat disentuh oleh manusia, sehingga ketika cahaya tersebut terganggu, maka piksel hologram dapat dimanipulasi di udara. Hologram sentuh yang sedang dalam tahap pengujian oleh University Center for Optical Research and Education ini dibuat menggunakan laser yang disediakan oleh universitas untuk para peneliti.

Saat disentuh, permukaan hologram tersebut akan terasa seperti sedang memegang kerta amplas yang keras dan kasar. Dengan telah ditemukannya penemuan baru itu, kedepannya dapat memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan hologram.

“Jadi, jika sebuah gambar visual berformat tiga dimensi dimunculkan dan Anda bisa menyentuhnya, Anda bisa membuat suatu ilustrasi visual lain menjadi lebih nyata,” ucap Tsukuba, salah satu peneliti dari University Center for Optical Research and Education.

Menurut situs sains Headlines Pulse, hasil dari pengembangan yang lebih lanjut dari teknologi ini memungkinkan untuk membuat keyboard komputer yang terbuat dari cahaya atau memungkinkan pengguna video chat untuk mengalami sentuhan virtual dengan lawan bicara mereka.

Masih menurut dari situs Headlines Pulse, sebenarnya penggunaan teknologi hologram yang bisa disentuh telah didemonstrasikan beberapa waktu yang lalu, namun pecobaan itu gagal karena laser yang digunakan malah membakar tangan manusia.

Penggunaan teknologi hologram yang bisa disentuh ini pun masih sebatas digunakan untuk dunia fashion saja. Namun mengingat sumber dayanya yang melimpah, diharapkan dari teknologi hologram ini dapat dimanfaatkan dalam bidang medis, arsitektur, hingga hiburan.

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"