Baca Artikel

Kategori: Tokoh dan Peristiwa

Henry Ford

Blog Single

Henry Ford adalah pencipta mobil pertama di Amerika, dan merupakan pelopor perakitan mobil massal di dunia. Dilahirkan pada tahun 1863, Henry Ford adalah putra pertama William dan Mary Ford yang masih hidup, yang memiliki pertanian makmur di Dearborn, Michigan.

Ide pemikirannya banyak memberi kontribusi dala industri otomotif. Henry Ford dibesarkan dari keluarga petani dan hanya lulusan SD. Ketika usiannya 12 tahun ia melihat kereta api yang berjalan tanpa kuda, lalu ia berpikir untuk menciptakan kendaraan pribadi yang berjalan tanpa kuda (mobil).

Pada usia 16, ia meninggalkan rumah ke kota terdekat Detroit, di mana ia menemukan pekerja magang bekerja sebagai masinis. Untuk menggapai mimpinya ia bekerja di bengkel dan ia selalu melakukan berbagai pecobaan di bengkel. Di usia 29 tahun, ia berhasil menciptakan mobil yang berjalan dengan tenaga uap bumi, padahal saat itu para ahli mesin mengatakan tidak mungkin, tetapi Ford, lulusan SD, membuktikan bahwa itu bisa saja. Dia kembali ke Dearborn dan bekerja di pertanian keluarga setelah tiga tahun, tetapi terus beroperasi dan melayani mesin uap dan sesekali menjalankan tugas di pabrik-pabrik Detroit. Ford menghabiskan waktu tidak teraturnya pada upayanya untuk membangun kereta tanpa kuda bertenaga bensin, atau mobil.

Pada tahun 1896, ia menyelesaikan apa yang disebutnya "Quadricycle," yang terdiri dari bingkai logam ringan yang dilengkapi dengan empat roda sepeda dan ditenagai oleh mesin bensin dua silinder. Ia kemudian membangun bengkel dan perusahaanya sendiri, Sebulan setelah Ford Motor Company didirikan, mobil Ford pertama dua silinder, setara delapan tenaga kuda Model A  dirakit di sebuah pabrik di Mack Avenue di Detroit.

Pada saat itu, hanya beberapa mobil yang dirakit per hari, dan kelompok dua atau tiga pekerja membangunnya dengan tangan dari suku cadang yang dipesan dari perusahaan lain. Ford didedikasikan untuk memproduksi mobil yang efisien dan andal yang terjangkau untuk semua orang. Hasilnya adalah Model T , yang memulai debutnya pada Oktober 1908. Dan pada tahun 1960, Ford Motor Company yang didirikannya menjadi perusahaan terbesar ke-2 di dunia dan setiap harinya memproduksi 4000 unit dengan jumlah karyawan 500 ribu orang dengan total gaji US$3,5 milyar (Rp 31 Triliun). Dari cerita ini kita bisa melihat bahwa Ford sadar bahwa pengetahuan bukanlah dimana kita belajar tapi seberapa kesungguhan kita ingin mencapainya.

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"